Masih juga bingung memilih iPad atau Samsung Galaxy Note ??

ipad vs sgnSejak saya mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan iPad vs SGN di beberapa tulisan saya seperti Fight!! iPad Mini vs …, 13 Samsung Galaxy…,  iPad Mini vs …, 13 dan Hmm…iPad or Galaxy Note…., saya masih saja ditanya oleh teman2 atau pembaca sebaiknya memilih iPad atau SGN. Mungkin karena pembahasan saya terlalu detail sehingga mengaburkan “petunjuk” saya🙂, atau memang pembaca saya yang manja2 nih, maunya dipilihkan saja🙂.

Kebingungan pembaca atas kedua pilihan ini tampak nyata dari key word searching di google yang akhirnya merujuk ke posting2 saya di atas rata2 berbunyi: pilih iPad atau SGN atau mana lebih baik iPad atau SGN atau plus minus SGN dan iPad. Hampir setiap hari ada saja puluhan pembaca yang mampir ke blog saya karena kebingungan harus memilih yang mana.

Saya sendiri terus terang saja sangat sulit untuk mereferensikan mana yang lebih baik, karena bagi saya kedua gadget ini merupakan top of the class di antara puluhan macam tablet di market. Namun, kejadian dua minggu lalu, mungkin bisa menjadi dasar saya untuk “lebih mantap” memberikan “petunjuk” yang lebih jelas ke pembaca di dalam menentukan pilihannya.

Hal ini terjadi secara tidak sengaja ketika saya memperhatikan istri saya, yang sejak saya belikan Samsung S3 kok sudah tidak pernah lagi membawa-bawa SGN 10.1” yang khusus saya belikan untuk dia pakai itu. Setelah hampir tiga minggu berturut-turut digeletakin begitu saja, tidak pernah disentuh lagi, saya jadi penasaran juga. Padahal saya juga masih memiliki iPad2 kuno yang kebetulan juga sedang menganggur. Hmmm…kenapa ya?

Hah…saya pikir daripada ada 2 tablet menganggur, lebih baik salah satu saya jual atau saya berikan ke anak saya paling kecil untuk dia pakai. Nah setelah saya mengamini pemikiran saya ini, maka sayapun menyampaikan rencana saya, apakah dia masih mau menggunakan tablet atau cukup happy dengan S3 nya saja? Kalau masih, mau pakai iPad2 yang sudah butut itu atau SGN yang masih kinclong ? Kalau tidak, salah satu akan saya jual, sedangkan salah satunya akan saya kasihkan anak saya, demikian penjelasan saya.

Saya tadinya menduga jawabannya ya jual aja iPad2, nanti dia yang menggunakan SGN atau diberikan ke anak saya, karena SGN kan masih terbilang sangat baru dibandingkan iPad2 saya.

Eh ternyata jawabannya benar2 diluar dugaan saya, dia mengatakan:”Mama pakai iPad2 aja deh, ribet bener pakai SGN. iPad enak, cuma perlu inget satu tombol?” lanjutnya.

Heh! Saya benar2 terkejut dengan pernyataan istri saya ini. Loh kok sangat berbeda dengan perkiraan saya. Padahal iPad2 saya sudah tampak sangat butut, sudah cecel cuwel (bahasa planet Mars yg padanannya saya juga bingung mencarinya :)), casingnya juga sudah tampak jelek  sekali. Sementara SGN saya masih muluss, tampak seperti baru keluar dari dosnya.

“Yakin nih mau pakai iPad2?”, demikian tanya saya tidak percaya.

“Iya, mama suka bingung tuh pakai SGN, lagian kan cuma buat browsing, baca email, e-book, e-magazine, video, photo doang”, jawabnya polos.

Hmm…jawaban yang sangat menarik, meskipun saya pernah mengulas mengenai hal ini, tetapi saya belum pernah memperoleh jawaban yang sangat to the point dari seorang user awam seperti istri saya ini. Apalagi pilihannya adalah barang yang masih baru versus barang sudah butut.

Hal ini berlalu begitu saja, hingga seminggu kemudian, business partner saya entah kenapa, tiba2 sepulang dari ketemu client, nyeletuk begini: “iPad ini emang gampang ya pakainya. Gak ribet.”

Saya yang ketika itu sedang membaca email jadi melongo, terus saya tanya:”Kok tiba2 lu ngomong begitu?”.

“Iya, tadi pas meeting dengan si X, dia bawa2 SGN 10.1. Terus begitu dia lihat gua bawa iPad Mini, dia kemudian mengeluh dengan tombol2 di SGN. Gua jadi inget SGN gua yang sampai sekarang juga gak gua pakai”, begitu jelasnya.

“Ooooo….”, jawab saya panjang. Sayapun jadi teringat komentar istri saya seminggu sebelumnya yang mengatakan hal yang sama. Kebetulan pula beliau bukan orang yang suka mengutak-atik gadget, seperti istri saya.

Sejak saat itu, saya mulai iseng suka iseng2 nanya2 teman2 pengguna iPad dan SGN. Saya mulai membaca-baca lagi komentar pembaca2 tulisan saya mengenai iPad vs SGN ini hingga bisa saya simpulkan demikian:

  1. Jika pembaca merupakan advance user, yang suka utak-atik fitur2 tablet atau mengembangkan aplikasi di tablet, atau designer yang suka corat-coret di kertas, atau mengedit foto2 maka pilihannya adalah SGN. Karena SGN memberikan kebebasan untuk membangun aplikasi di atas platform Androidnya, plus memiliki fasilitas S-Pen untuk mencoret-coret dan mengedit foto dengan Photoshop Express yang sudah pre-installed.
  2. Jika pembaca adalah pengguna awam atau yang tidak mau repot atau ingin berbagai pakai dengan anak2 (terutama balita) atau membelikan orang tua, yang hanya menggunakan tablet untuk browsing, menyimpan koleksi foto, membaca dan mereply email, menonton video serta beberapa aplikasi di luar point 1 di atas, maka pilihannya adalah iPad. Karena ya itu tadi, menggunakan iPad cukup dengan satu tombol dan betah mengusap-usap🙂. Ibaratnya itu, maaf, orang paling bloon juga bisa pakai🙂.

Nah sekarang tinggal pembaca menentukan berada di kategori mana? Kalau masih bingung juga, ya beli dua2nya lah wkwkwkwk….🙂.

Semoga membantu dan selamat menikmati gadget barunya.

Bagi pembaca yang sudah menggunakan iPad ataupun SGN atau keduanya, mohon tidak pelit berbagi pengalamannya supaya pembaca lain tidak salah menentukan pilihannya.

19 thoughts on “Masih juga bingung memilih iPad atau Samsung Galaxy Note ??

  1. Memang bingung kalau mau pilih gadget, lebih bingung lagi kalau anggaran belum cukup, tapi kalau budget unlimited, beli iPad dan Samsung Galaxy sah-sah saja. Lalu coba selama seminggu pak. Misalnya kalau puas dengan iPad, bapak bisa hibahkan Samsung Galaxy Note kepada teman bapak, namanya: Komang Setiabudi. Pasti dia senang sekali menerimanya. Betul lho pak. Kalau nggak percaya, silahkan BBM lho. He he he he

    Dari pada bingung, mungkin bapak perlu berkunjung ke blog saya: http://bali-digitalworld.blogspot.com/
    Meskipun belum ada analisis dan review khusus tentang iPad dan Samsung Galaxy Note, tapi lumayan lah untuk lihat review gadget atau digital camera yang lain.

    • Hahahaha…seingat saya, teman saya yang namanya Komang Setiabudi itu malah suka bagi2 gadget lho. Apa sudah berubah ya sekarang? wkwkwkwk…dasar pak Komang, adaaaa azaaaa🙂

  2. Saya akhirnya memilih menggunakan iPad setelah baca tulisan om Guntur. Sangat simpel dan gak ribet kyk pesaingnya.

  3. Klo menurut saya,
    1. Android adalah untuk anda yang mengerti akan teknologi.
    2. Apple adalah teknologi yang simple dan anda harus mengerti akan kami.
    3. Dan Microsoft … saya ditengah2x dech …

      • 10 Juni ini pak, perubahan besar Apple dari sisi iOS 7, OS X akan segera dipublish😀
        Juga katanya Macbook Air seri terbarunya, mungkin .. mungkin lho yach .. iPad mini II🙂

        • Apple memang harus melakukan perubahan besar kalau nggak mau dijadiin Apple Juice oleh Samsung🙂
          Saya juga menunggu MacBook Air yang baru nih, sudah bosan pakai yang sekarang. Kalau benar iPad Mini II keluar, paling ntar iPad Mini dengan Retina Display Den udah ketahuan belangnya🙂.

  4. Bravo Pak Guntur atas kupasannya yang detil. Saya pemakai produk Apple sejak mereka mengeluarkan Ipod tahun 2000. Tak terkecuali dengan Ipad. Alasan saya seperti pengguna yang lainnya, yaitu simplicity.

    • Terima kasih ibu(?) Ezra semoga masih puas menggunakan produk Apple hingga kini. Mari kita berdoa pada ajang WWDC nanti, Apple mampu mengeluarkan inovasi2 terbarunya lagi.
      Salam,

  5. Tp kalau menurut saya sih lebih baik ipad karna apa ipad itu game nya original semua dan gk Bikin virus kalau samsung bikin viruf numpung . Saya sebenar nya mencari ipad karna saking lakunya ϑɪ̣̇ semua tempat ipad semua habiss terrrjualll…saya akhir nya membeli samsung dan sebenernya ƴαи̣̣̣ԍ sy incar itu ipad tp saya tetap sabar hingga sy akhirnya mendapat ipad 3 ƴαи̣̣̣ԍ lebih canggih dan baruu….

  6. ups,lupa tulis nama.. nama saya iyan..di jakarta barat.. hehe.. baru pertama kali buka blog ini.. soalnya lg bingung antara note 1 ato note 2.. krn saya sbnernya butuh stylus utk coret2 sih.. asal kamera oke,uda cukup.. makanya saya ga planing sampe beli note 2 ato note 3.. cukup note aja.. tapi lg pngn tau sih,note 1 ada nslh ga yah? n kelemahan/kekurangan nya apa aja.. hehehe..

  7. Setuju banget nget nget sama tulisan2 ini. Pengalaman saya pribadi. Dulu pakai ipad mini dan smartphone android. Kombinasi yang baik sebelum usil gara2 teknologi spen galnot.

    lalu sy lakukan pertukaran. Tablet pake galnot 8. Smartphone pake iphone. Lumayan cukup puas, tetapi sy rasa kok lama2 batere iphone versi dualcore tdk sehebat yg masih singlecore ya?!?!?? (pengalaman pakai i5 dan 4s dan 4). Akhirnya setelah pertimbangan rumit percuma jg smartphone klo batere cepat abis.

    progress terakhir semoga ini tepat dan bisa jadi pertimbangan yg lain juga. S-pen galnote bikin sy terpesona wkwkwkw, tetapi ipad mini dgn segala kemudahannya jg membuat sy terpesona wkwkwkw. Akhirnya sy switch lagi semua. Smartphone pake galnote 2, tablet ipad mini. KENAPA??? . krn utk android sy lebih sarankan RAM diatas 1gb spy tidak lemot, dan sy belum mau meninggalkan s-pennya samsung, dan galnote 2 punya batere yg cukup besar kapasitasnya jadi bisa sekalian buat pengganti bb saya hehehe. Lalu pemilihan tablet balik lg ke ipad gausah ditanya deh , jawabannya sudah sangat terjawab kok.

    semoga ga frustrasi lagi sy sama pertarungan apple vs android . Krn memang kedua platform ini benar2 berperang secara terus menerus menawarkan berbagai fitur dan kecanggihannya.

  8. trgntung pekrjaan sja, ibaratnya kalau org survey lebih bnyak pakai prog autocad l d, kalau admin pakai word excel pp, pakai hp jg sprti itu, tnggal pilihn kita saja, pakai ios, android, atau bb. Tdk ada yg lebih jelek.

  9. Saya juga ingin berbagi pengalaman ne. Sebelumnya saya paling fanatik dengan yang namanya galaxy note, dari galaksy note 1 sampe 3 dan note 10 inch sudah pernah saya pakai sampai sekarang note 10 dan note 3 masih saya pakai. Kemudian saya mulai ngeluh dengan note 10 yang berat dan sangat tidak praktis untuk dibawa kemana kemudian saya ingin ganti yang lebih kecilan dan pilihan bercabang antara ipad mini atau note 8 dimana keduanya sangat oke, note 8 spec ga usah dibahas dijamin yahud namun maslahnya di bodi saja yang masih kuno dan terkesan murahan sedangkAn ipad mini disisi bodi sangat oke dan elegan hanya saja kurang kompatible, kalau mau transfer data agak susah tidak segampang android. Akhirny saya beli ipad mini dan akhirnya saya menemukan masalah, jelas saya tidak terbisa menggunakan ios, bagi saya ipad hanya untuk gaming saja dan untuk produktifitas kantoran dan sebagainya sepertinya sangat kurangdan tidak bisa menyaingi galaxy note… Berharap samsung memperbaikin untuk desain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s