About Me

Saya terlahir disebuah kota kecil yang terkenal dengan lagu Kotabaru Gunungnya Bamega, yang terletak di sebuah pulau kecil diujung tenggara Pulau Kalimantan bernama Pulau Laut. Disanalah saya dibesarkan hingga kelas 3 SD, saya kemudian dipindahkan ke Surabaya oleh orangtua saya untuk menempuh pendidikan yang lebih baik.

Saya kemudian bersekolah di Surabaya hingga saya menamatkan SMAK Frateran, melanjutkan kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Elektro UK Satya Wacana, Salatiga dan selanjutnya bekerja di Jakarta.

Memulai karier saya sebagai programmer di Astra Credit Companies, salah satu anak perusahaan Astra yang bergerak di perusahaan pembiayaan, saya kemudian sempat berpindah kerja dua kali di perusahaan sejenis sebelum akhirnya pada tahun 2000 saya bersama dengan adik ipar saya memulai usaha sendiri.

Kami berdua bahu membahu memulai usaha kami sebagai pengusaha nasi kuning yang hanya bertahan sekitar setengah tahun, sebelum akhirnya memutuskan membentuk perusahaan yang bergerak di bidang jasa Teknologi Informasi, PT Adicipta Inovasi Teknologi atau lebih dikenal dengan panggilan kerennya AdIns (Advance Innovations).

Perusahaan yang kami mulai berdua ini, atas berkatNYA, telah berkembang menjadi sebuah perusahaan yang cukup dipandang di Indonesia. Kami memiliki pelanggan-pelanggan terpandang yang disegani oleh kompetitornya. Dan kami didukung oleh team yang luar biasa, anak2 muda yang cerdas, pekerja keras, tangguh, innovative dan terutama memiliki integritas yang tinggi.

Semua yang telah saya peroleh belumlah membuat saya merasa sukses dalam artian jabatan dan materi, tetapi saya cukup merasa bersyukur bahwa apa yang telah saya alami hingga saat ini merupakan berkat yang luar biasa dariNYA.

Dari seorang kampung di kota terpencil di ujung Pulau Kalimantan, yang bahkan tidak diketahui keberadaannya oleh sebagian besar teman2 saya, hingga boleh memimpin sebuah perusahaan Teknologi Informasi yang cukup disegani.

Dari seorang jomblo yang gak laku2 selama kuliah🙂, saya boleh memperoleh pendamping seorang istri yang cantik, pandai dan menyayangi keluarga lebih dari apapun. Vincentia Maria Anggraeni Hadiwiloejo, istri saya, juga memberikan tiga orang jagoan yang luar biasa.

Dari keluarga biasa2 saja yang hanya mampu menempuh pendidikan di sekolah lokal, hingga mampu memberikan pendidikan ke anak2 saya di sekolah yang cukup baik di luar negeri. Semua saya rasakan sebagai berkat yang tiada tara.

Oleh karena itu, saya merasa berkat yang saya terima sudah selayaknya pula saya bagikan kepada seluruh orang yang membutuhkannya. Tidak dalam materi, tidak dalam bentuk kekayaan, tidak dalam bentuk jabatan atau fasilitas, tetapi dalam bentuk sharing, pemikiran dan juga kritik atau kadang omelan🙂.

Semoga sharing, pemikiran dan kritik yang akan saya post di blog saya ini bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Semoga Tuhan memberkati kita semua.

Warm regards,

Guntur Gozali

PS:

Komentar, masukan dan kritik membangun adalah bahan bakar saya untuk bisa tetap setia menulis. Saya sangat mengharapkan pembaca mau meluangkan sedikit waktu untuk memberikan komentar di tulisan2 saya atau mengirimkan komentar, masukan dan kritikan ke alamat email saya berikut: ggozali@hotmail.com

65 thoughts on “About Me

      • Baru tau gw om ron.,emng benar adanya.,didikan tough love mebumat kita jdi pribadi yyyg kuat dan tidak manja.,semntra adik gw didik dgn tender love jdi pribadi Ψğ manja dan tidak peduli T.T.,tambahan.,sebaiknya tought love digabung dgn tender love.,seppp

  1. Apakah anda memiliki visi agar perusahaan yang anda pimpin bisa berevolusi dari ISV menjadi software principal seperti Microsoft, Oracle, Google, atau Apple? Di Asia Tenggara ini, belum ada IT Company yang sanggup sampai ke level tsb. Yang ada, setelah besar malah hilang atau kalah bersaing, entah karena mismanagement atau masuk dalam comfort zone.

    • Duh pak Victor, pertanyaannya kok susah banget ya🙂, but tq anyway untuk pertanyaan yang sangat challenging ini. Saya coba jawab sebisanya ya, mohon pencerahannya kalau sampai salah.
      Saya rasa hampir semua entrepreneur yang memasuki industri IT mempunyai mimpi setinggi langit, memiliki impian bisa seperti Apple, termasuk saya juga. Namun pada kenyataannya, meskipun saya ingin menanam Apple yang nantinya berbuah ranum dan menggiurkan, ternyata Apple tidak bisa tumbuh disembarang tempat, buktinya Apple Batu tidak bisa mengalahkan Apple Import pdhal sudah puluhan tahun dibudidayakan di Batu, Malang sana🙂.
      Saya ambil contoh Vietnam saja, yang beberapa tahun lalu, masih sangat jauh tertinggal dibanding Indonesia, dan masih menganut ajaran Komunis, disana ada kurang lebih 4 IT Company dengan karyawan lebih dari 6000 technical engineer. Sementara di Indo, saya belum pernah dengar satupun IT Company dengan karyawan lebih dari 1000 orang engineer.
      Kenapa demikian? Karena (info dari sesama teman IT disana):
      1. Pemerintah sangat mendukuung industri IT, dalam bentuk kemudahan2 dan pajak. Disana subsidi pajak diberikan ke perusahaan dan bahkan ke karyawannya. Juga pemerintah membangun 4 IT Park (zona industri IT) dengan infrastruktur yg bagus dan subsidi. Bagaimana dengan negara tercinta ini?
      2. Pemerintah rajin mempropagandakan bidang ilmu science n technology melalui media masa dan televisi. Katanya disana banyak acara2 semacam Cerdas Cermat seperti di TVRI dulu. Sehingga masyarakat berlomba2 menyekolahkan anaknya ke bidang Science n Tech, sehingga sumber daya dibidang ini berlimpah. Bagaimana dengan acara TV kita? Bagaimana dengan nasib anak2 pemenang Olympiada Fisika, Matematika, Biologi yang bahkan beasiswa aja tidak mereka terima.
      3. Perusahaan, departemen pemerintah serta BUMN, bangga menggunakan produk ITnya sendiri, dan tentu saja diprioritaskan supaya berkembang. Bagaimana dengan di Indonesia?
      4. saya bisa menulis 10 lembar sendiri lho untuk membahas hal ini🙂🙂

      Tapi, saya akan berusaha AdIns akan eksis semampu dan sekuat saya pak Victor, doakan pemerintah kita terbuka matanya. Amin. Tq n GBU

      • Jika saya baca blog Bapak, Bapak ini orang yang idealis. Mungkin mesti ekspansi ke negara lain supaya bisa jadi lebih besar. Tahun 2015 jika saya tidak salah kan ASEAN free trades dimulai. Semoga kita praktisi IT di negeri ini siap menghadapinya.

        • Hahahaha…saya bukan idealis lho pak Victor. Saya hanya mencoba mempertahankan nilai2 yang ditanamkan kedua orang tua dan keluarga saya, serta Basic Mentality, yang saya amini isinya, yang dicekokkan Astra ketika saya masih bloon🙂.
          Visi going regional ada tercantum di perusahaan saya, tetapi saya harus menyadari bahwa persiapan untuk itu harus benar2 matang, sementara pemenuhan kebutuhan dalam negeri saja sudah membuat kami sesak nafas.
          Gempuran dari luar sudah saya rasakan semakin luar biasa, namun Tuhan masih berikan berkat dan perlindunganNYA selama ini. Mudah2an pemerintah RI semakin baik memberikan perlindungan industri lokal, jika tidak, hmmm…only God knows.

  2. Hello Pak Guntur, saya baru saja dikasih tau tentang Blog Bapak ini dari seorang teman Alumni CC bernama Budi ( kuliah di Sydney ) yang teman sekelas Ivan. Salam Sukses dan Sejahtera untuk Keluarga Pak Guntur. Keep on Blogging …

    • Hi Jackson, apakah kamu seangkatan dengan Budi n Ivan? Because I have a friend with exactly the same name as yours, my neighbour🙂.
      Btw, terima kasih atas komentarnya ya. Semoga tulisan saya bermanfaat. I’ll try to keep on blogging…mudah2an bisa bertahan lama🙂
      GBU, salam buat Budi, kok Budi malah diem aja🙂

  3. Fren, wah ternyata tulisan2 mu sangat enak dinikmati … ringan, lucu, banyak pelajaran, bahkan pada beberapa tulisan lebih lucu dari komentar2 yang ada di Kompas.com, seperti saranmu, kalo sumpek coba baca komentar2 di Kompas.com, pasti akan banyak tertawa, aku wis coba tp nda mempan eh … malah baca tulisan mu , terutama expresso dan Oolong tea aku bisa benar2 geli sendiri, mau tertawa terbahak-bahak isin karo karyawan de kantor, nanti dikiro Boss e wis edan tenan… Teruslah menulis dan menginspirasi banyak orang …GBU

    • Hello bro, kok tumben sempet tengok2 myblog🙂. Kamu geli karena tahu siapa yang saya ceritakan, ya kan🙂.
      I’ll try my best to keep writing, mudah2an tahan lama wkwkwk…
      GBU2

  4. hi pak Guntur, sangat menarik anda bisa meluangkan waktu berbagi lewat blog dan bisa menjadi inspirasi bagi entrepreneur IT Indonesia mengenai membangun bisnis dgn basis prinsip keluarga ala Indonesia. Maju terus pak…. pantang mundur….
    Saya sdh mendengar mengenai AdIns dan kiprahnya membangun aplikasi penting di dunia perbankan….tentunya bisa menjadi Berkat bagi banyak orang…
    salam sukses selalu

    • Hi Pak Stephen, terima kasih mau meluangkan waktu memberi komentar, really appreciate it.

      Saya masih belajaran ini, jadi perlu banyak masukan, supaya sharing saya bisa bermanfaat bagi adik2 atau “anak2” saya yang sempat membacanya. Saya rasa hanya berkat ini yang bisa saya bagikan bagi mereka.

      AdIns tumbuh juga karena berkatNYA, semoga solusi yang kami bangun bisa menjadi berkat pagi yang menggunakan.

      Salam sukses Pak Stephen, semoga Tuhan memberkati Anda dan semua yang Anda kasihi.

      GBU

  5. hi Pak Guntur, trima kasih sudah menerjemahkan testimoni Dr Richard Teo Keng Siang, tapi saya google ketemu blog bapak ini. Kebetulan sekali saya juga seorang praktisi IT, senang bisa membaca blog dari orang IT juga🙂
    BTW pak, bolehkah saya share ttg sebuah event bagi anak2 Tuhan yang berkecimpung di dunia IT juga via email?
    Maju terus Pak Guntur !

  6. Hello Pak Guntur, masih ingat saya? Saya ketemu Pak Guntur dan Ibu Maria waktu Ivan ikut pelatihan di TOFI. Salut terhadap Pak Guntur yang meluangkan waktu dan berbagi berkat lewat tulisan yang menginspirasi di blog ini.
    Saya baru saja beberapa menit lalu ketemu blog Bapak, karena salah seorang teman sharing link tentang DR. Richard Teo Keng Siang via facebook. Padahal baru saja semalam kami mendiskusikan beliau di Women Bible Study Fellowship.
    Terima kasih telah berbagi berkat lewat blog. Salam untuk Ibu Maria dan Ivan. God bless you.

    • Hallo bu Audrey, tentu saya ingat🙂.

      Terima kasih atas komentarnya. Iya ini masih belajaran ngeblog, coba2 share pengalaman, siapa tahu berguna bagi anak2 muda sekarang.

      Salam balik dari istri saya🙂.

  7. Dear pak Guntur,
    Membaca tulisan bapak akan UKSW-FTJE khususnya, membakar semangat sy utk trs berkontribusi dlm proses kesiapan lulusan FTJE dlm memenangkan ‘global challenge’.Selama ini sebagian besar lulusan terbaiknya sejak th 98-skrg bergabung dan belajar bhs Inggris scr intensif di kursusan sy.Kebetulan sy jg memberikan training bhs Inggris bg berbagai perush BUMN dan Swasta dimana kecakapan berkomunikasi mjd modal utama bg para engineer-nya dlm memenangkan proyek-dg pertimbangan ini, sy mengajar anak2 FTJE agar mpyai kualifikasi memadai dlm bhs Inggris.
    Apabila bpk berkenan, sy bs kirimkan CD rekaman presentasi teman2 FTJE yg saat ini sdg berjuang mencari pekerjaan, shg sy bs mdptkan evaluasi bg kemajuan mrk dikemudian hari dan kita dpt berkolaborasi bg kejayaan FTJE dimasa mendatang.
    Sama spt yg bpk rasa, kebanggaan mjd alumni UKSW kian memudar ketika Institusi Pendidikan mulai bergeser mjd Industri Pendidikan.Mari kita teguhkan tekad demi kemajuan UKSW.

    Salam-Yeti.

    • Wah luar biasa sekali yang Anda lakukan bu Yeti. Memang betul bahasa Inggris amat sangat penting bagi mereka nantinya. Kebanyakan professional local mengalami kesulitan ketika sudah harus berhadapan dengan client multi nasional.
      Secara intelektual, dan kemampuan teknis, kita SAMA SEKALI tidak kalah dengan kompetitor dari Singapore atau Malaysia, namun kalau sudah harus presentasi, alamakkk….mengenaskan.
      Menurut saya yang sangat diperlukan adalah kemampuan conversation n presentation saja, tulis kalau bisa luar biasa, kalau tidak masih tidak apa2.
      Saya akan berterima kasih sekali kalau Anda bersedia mengirimkan CD rekamanan presentasi itu, semoga saya bisa memberikan masukan. Dan kalau ada yang tertarik join dengan perusahaan saya juga boleh🙂.
      Kalau tidak keberatan drop mail ke ggozali@hotmail.com, nanti saya akan berikan alamat kantor saya di Jakarta.
      Terima kasih atas komentarnya.
      GBU

  8. kadang orang jarang yang memnaankan sikap MAU ketika ada orang lain yang memberikan saran, dan dia merasa paling benar dan bisa meski hasilnya belum tentu lebih baik dari saran tersebut.nice artikel

  9. Wah mantap …bisa follow di blog bagus ini….berkat Han Cong’86. salam kenal tentunya
    btw selamat tahun baru 2013 dulu ..smg di tahun 2013 blog ini smakin menyebarkan kebaikan dan kejayaan kita. thanks atas review SGN 10.1 yang membuat saya makin kuat utk ngutang …sbg pemula terus terang masih terganggu sama ACER Ionia W-510 yang Window 8 based …tp kok mahal ..kebangetan itu ACER, palagi paket docking keyboardnya blm tersedia…jadi kudu beli satu persatu ….demikian salam perkenalan saya, sekali lagi semoga tambah sehat, sukses dan maju sejatera.
    wasalam – Anung’79

    • Salam kenal juga mas Anung, wah saya sungguh tersanjung atas pujian dari senior saya ini🙂.
      Selamat Natal dan Tahun Baru 2013, semoga Damai Natal dan Semangat Baru, serta berkatNYA turun berlimpah ruah atas diri bapak dan seluruh keluarga.
      Mohon masukan dan kritiknya atas tulisan2 saya🙂.
      Salam

  10. apa kabar Oom GG dan VMA…? saya sangat bersyukur dan bangga bisa berkenalan dengan orang sukses… kita kenalan sejak tahun 88 ya… wah, pikiran saya langsung melayang jauh di tahun 88 sejak ketemu di ABTP hehehe…. sukses dan selalu sehat ya bro…. nderek bingah bisa membaca blog seorang sobat yang sudah sukses….

    • Halllo Mas Djoko, kami baik2 saja. Semoga juga demikian dengan mas Djoko. Selamat Tahun Baru 2013, semoga berkatNYA dilimpahkan berlipat-lipat bagi mas Djoko dan keluarga. Amin.
      Iya ya kita pertama ketemu tahun 89, 23 tahun yg lalu, gak krasa ya time flies begitu cepat, tiba2 sudah tuwirrr🙂.
      Terima kasih masih sempat singgah di blog saya, hanya ini yang bisa saya share buat adik2 generasi muda sekarang, hal2 yang dulu juga saya peroleh selama di ABTP🙂.
      Mohon masukan dan kritikannya Mas ya🙂.

      Salam

      • Have you ever considered wrtiing an ebook or guest authoring on other blogs? I have a blog centered on the same topics you discuss and would really like to have you share some stories/information. I know my visitors would appreciate your work. If you are even remotely interested, feel free to send me an email.

        • Hi Fatma, thank you for commenting in my blog. Really appreciate it. Yes, I am considering writing an e-book and also interested in guest writing, but I still don’t know how to start🙂, and what topic should I write about🙂. I’m still a beginner in this kind of world. Please advise🙂.

    • Hi Rud, kabar baik, bagaimana dikau?

      Wah lama sekali gak ketemu ya. Kita ada lho group WhatsApp isinya temen2 83, sekarang sudah ada sekitar 43 orang, rame banget. Kamu kalau mau join, gimme your hp number ke ggozali@yahoo.com.

      Salam buat keluarga juga ya.

      God Bless You and Your Family.

  11. salam kenal pak, saya ftje’92. terus menulis pak, saya suka membaca tulisan bapak.

    membaca riwayat hidup, ada kemiripan juga dengan saya. saya lahir di satu pulau kecil juga di Jambi dan sejak kelas 3 SD juga pindah ke purwokerto (ja-teng) dengan alasan dari ortu untuk bekal pendidikan yang lebih baik. awal start kerja, setelah lulus kuliah juga di group astra, saya di TRAC (astra rent car- serasi autoraya).

    terimakasih untuk sharingnya melalui blog ini.

  12. Hello Oom Guntur,

    What an inspiring life testimonial of how Great God is in your life! I’ll look more further on your blog posts. I do believe that God has a grand plan for Indonesia in this IT-Centric age. You’re one of His ambassadors, I’m sure.

    Bona Fide,

  13. P.Guntur, boleh minta no.hp bpk? Sy jg mengalami peristiwa yg sama dr hsl tanam lensa. Sy sdh byk membaca tlsan P.Guntur ttg keadaan mata bpk. Krn klo melihat dan membaca tls” sy sgt pusing. Klo blh sy minta no.telp P.Guntur agar bs slg share. Terima kasih sblmnya. Selamat Siang

  14. salam kenal pak..
    kasih informasi dong pak kalau di tempat bapak ada lowongan😀, lulusan TI sih, tidak kayak pak guntur lulusan FTEJ.. hehe
    Kalau ada kesempatan, tolong ajak saya untuk bisa lebih maju dan mungkin bisa cocok gabung di Lapak Pak Guntur.😀

  15. assalamualaikum, selamat malam, saya Lasimin suku jawa usia 49 th orang tua dari 3 anak 1.Prasetyo Adhi Hutomo, 2.Cahyo Priambodo, 3.Salma Lulu Atikah. Bgm saya bisa kembangkan bakat dan potensi anak anak saya yg menurut sy anak saya bkn anak bodoh, sedangkan saya orang yg tdk mampu krn kehilangan pekerjaan.. trima kasih

    • Selamat malam pak Lasimin. Saya prihatin dengan kondisi pekerjaan bapak, namun bapak jangan khawatir dengan masa depan anak2 kalau memang mereka merupakan anak2 yang memiliki bakat dan potensi yang baik. Selain pemerintah sudah semakin peduli dengan pendidikan, bapak mungkin juga bisa mulai meminta anak2 untuk mencari beasiswa yang sering diberikan oleh kedutaan2 asing di Indonesia.
      Selain itu tentu kita banyak berdoa mohon agar Tuhan memberikan yang terbaik sesuai dengan waktu dan rencanaNYA, bukan waktu dan rencana kita. Semoga Tuhan mendengarkan doa dan permohonan bapak sehingga anak2 memperoleh yang terbaik.

      Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s