Apple iOS 14: Should you upgrade?

Fitur kelima yaitu Privacy Report.

Fitur ini yang akan saya pakai sebagai penutup tulisan saya, karena ini yang paling seru, sampai2 si Mark Zuckerberg, si Genius pemilik Facebook itu teriak2 karena akibat dari fitur ini maka para Advertisers yang selama ini mencuri data2 kita tanpa kita ketahui, tidak lagi bisa melakukannya. Silakan baca link berikut: https://9to5mac.com/2020/08/28/mark-zuckerberg-apple-monopoly/

The report goes on to say that Zuckerberg also criticized the iOS 14 privacy changes that will make it harder for companies like Facebook to track users across different applications and websites. Facebook has also criticized this change in public and warned its advertisers of the potential effects.

9to5mac.com

Dan berikut dari Washington Post:

https://www.washingtonpost.com/technology/2020/08/28/facebook-apple-ios14/

Apple makes a privacy change, and Facebook and advertising companies cry foul

washingtonpost.com

Fitur apaan sih yg sampai membuat Zuckerberg teriak2 begitu?

Selama ini pernah gak pembaca mencari product tertentu, misalnya sepatu atau baju, melalui Google.com, kemudian ketika sedang membaca berita di website berita, tiba2 nongol iklan2 yang berhubungan dengan apa yang kita cari sebelumnya? Seakan-akan ada yang memberitahu website itu bahwa saya ini sebelumnya sedang mencari barang2 tersebut. Creepy right?

Nah itu adalah hasil dari kerjaan para trackers. Trackers disini adalah aplikasi2 yang mengawasi aktivitas browsing kita. Jadi semua kata2 yang kita ketik, semua berita yang kita baca, semua foto2 yang lihat, semua video2 yang kita tonton, mereka awasi. Kemudian mereka membuat profile atas diri kita, dan kemudian mereka menyuguhkan atau lebih tepatnya MENYODORKAN semua informasi yang sesuai dengan apa yang kita baca, lihat, tonton atau dengar.

Mereka bisa tahu kita ini orang seperti apa, yang pasti jenis kelamin, umur, alamat dll itu sudah pasti mereka dapat. Yang lebih gila, mereka bisa tahu kita lagi suntuk, lagi senang, dll. Darimana? Dari apa yg kita baca, lihat dan dengar.

Ngeri ya? Ya itulah yang terjadi, kehidupan kita ini berada di bawah Microscope perusahaan teknologi itu. Tidak ada lagi rahasia bahkan mereka lebih tahu mengenai kita dibanding kita sendiri. Beneran ini, mereka tahu kita pergi kemana, jam berapa keluar rumah, kantor dimana… itu mah biasa… tetapi mereka juga tahu Heart Rate kita setiap saat, mereka tahu berapa banyak kita melangkah, jam berapa kita tidur, berapa jam kita tidur, qualitas tidur kita, dll dll… yang kita aja tidak tahu.

Kalau pembaca ada waktu, coba sempatkan nonton film documenter berjudul /the social dilemma cari deh pakai Google. Disana diceritakan bagaimana kita yang selama ini rajin melakukan browsing, mencari product di internet, oleh perusahaan2 raksasa semacam Google, Facebook, Instragram, Twitter itu malah dijadikan PRODUCTS. Sekali lagi saya ulangi, kita nih yang tadinya nyari products, malah dijadikan products. Tuh gila kan…

Ya… kita ini adalah merupakan PRODUCT yang mereka jual dalam bentuk informasi. Semua data kita mereka jadikan uang, mereka jual. Kemudian oleh perusahaan2 yang membeli data2 kita, mereka bombardir kita dengan iklan2, informasi2, video2 dll dll. Hikssss… sedih ya… atau malah ngeri ya….

So, ketika kita sedang mengakses APAPUN di browser kita, maka semua kegiatan kita itu di track oleh berbagai pihak TANPA KITA KETAHUI… Menyebalkan tohhh… Errrghhhhh…😡😡😡 !!!! 

Pada fitur yang saya ulas ini, iOS 14 memberitahu kita siapa2 yang sedang melakukan tracking ini, dan juga memblock para trackers itu. Yess!!! 👍👍👍💪💪💪

Ini yang saya suka !!!

Sebagai akibatnya, para trackers yang menjual data diri kita ke perusahaan2 itu, tidak lagi bisa men-track kita sehingga mereka tidak lagi (harapannya demikian) bisa memborbardir kita dengan info2 yang mungkin tidak kita perlukan. Oleh sebab itu si Zucker protest, padahal dari hasil mereka menjual data2 kita mereka menjadi Triliuner… 😡😡😡

Saya kemudian mencoba mengakses beberapa website menggunakan Safari di iOS 14, dengan hasil yang menggetarkan hati saya. Coba lihat gimana gak ngeri. Hanya dari beberapa website, Privacy Report melaporkan ada 75 trackers yang “mencuri” atau lebih tepat “merampok” data browsing saya. Gila nggak???

Gila kan?

Mengetahui hal ini membuat saya marah dan muak…

Benar2 mengerikan dan memuakkan !!!…

Terus bagaimana cara kita mengetahui hal ini. Gampang sekali…

Caranya, pada saat kita browsing menggunakan Safari di iOS, di kanan atas pada posisi AA itu pembaca click, maka akan muncul drop-down menu. Pada bagian paling bawah ada pilihan Privacy Report, nah click itu:

Setelah kita click, maka kita bisa melihat report yang dihasilkan. Saya mencoba melakukan browsing di beberapa website popular seperti kompas.com, detik.com, cnn.com, usatoday.com dll. Coba pembaca lihat, gila gak yang mereka lakukan:

Artinya ketika kita membuka website Kompas.com, maka data kita disebarkan ke 29 trackers yang akan mengunyah data kita entah untuk apa. Demikian juga dengan detik.com dll nya itu.

Berikut ini adalah pihak2 yang selama ini “memonitor” kita pada saat mengakses website2 tersebut di atas:

Masih ada beberapa halaman lagi yang tidak saya post, selain empat pages di atas itu.

Siapakah mereka? Saya tidak tahu…

Untuk apa mereka memonitor semua kegiatan browsing saya? Saya tidak tahu juga…

Yang saya tahu pasti, saya merasa sangat tidak senang, gregetan, marah dlsb dengan apa yang mereka lakukan. Apakah pembaca merasakan hal yang sama? Please share di komentar di bawah.

Penutup…

3 thoughts on “Apple iOS 14: Should you upgrade?

    • Penggemar Apple lebih militan daripada penggemar Android. Itulah bahayanya menjadi “fanboy” product ataupun orang tertentu. Harus tetap open mind ya mas Gadael, betul tidak.
      Sebenarnya saya ingin sekali menulis features Android yang luar biasa bermanfaat yang bisa meningkatkan features iOS ke depan sehingga Apple Fanboy lbh terbuka cara pikirnya… :)… Jangan marah ya Apple Fanboy, kita jadi Technology Fanboy aja, yg bagus yg kita elu2kan… :)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s