Apple iOS 14: Should you upgrade?

Fitur kedua adalah perubahan pada Location Access. 

Beberapa tahun lalu, ketika ramai diberitakan bahwa Google melakukan tracking pada aktivitas kita sehari2, saya merasa tidak nyaman. Meski dengan alasan apapun juga, rasanya tidak enak sekali jika semua kegiatan kita seperti ada yang mengawasi. Namun, kemudian semua aplikasi2 lain juga ikut2an melakukan tracking atas keberadaan kita, dan itu tidak bisa kita hindari.

Setiap kali kita menginstall aplikasi baru, mereka meminta kita memberikan akses atas lokasi kita, jika tidak kita ijinkan beberapa aplikasi tidak mau diinstall, sehingga meskipun dengan berat hati dan bertanya2 untuk apa, akhirnya kita ijinkan juga. 

Yang menjadi masalah adalah, dewasa ini semakin banyak aplikasi yang meminta akses lokasi kita, sehingga kita yang tadinya tidak nyaman akhirnya pasrah… opo jarene wis (apa maunya dehh…). Salah satu contoh yang saya tampilkan di bawah adalah aplikasi ACE Hardware, meskipun mungkin bertujuan baik, semisal agar supaya App tersebut bisa menunjukkan cabang terdekat dengan keberadaan saya, akan tetapi rasanya tidak perlulah tahu keberadaan saya secara tepat. Cukup lah sampai level lingkungan perumahan saya, atau sekitar kelurahan begitu, betul gak? Masa perlu sampai alamat tepat? Kecuali aplikasi semacam Gojek/Grab.

Atau aplikasi cuaca / weather, emang perlukah sampai tahu alamat rumah sama sampai ke nomor rumah segala? Rasanya cukup lah Jakarta Barat, atau sampai level Kelurahan lah. Betul tidak? 

Nah iOS 14 memungkinkan kita tetap memberikan Location Access sehingga aplikasi tersebut tetap bisa diinstall, tetapi tidak memberikan “precise location”. Seberapa jauh yang dimaksud dengan Tidak Precise ini, belum saya dapatkan informasinya. Akan tetapi tentunya beberapa puluh atau ratus meter lah dari lokasi kita berada.

Begitu mengetahui adanya Fitur ini, jreenngggg… langsung semua semua App di iPhone saya, saya rubah Precise Location-nya jadi OFF… Fiuhhh rasanya lega membayangkan App2 itu sudah tidak lagi bisa mendeteksi secara tepat keberadaan saya 😝. Sorry bro… cukup tahu lokasi saya seadanya saja yaaaa… wkwkwk…

Bagaimana menurut pembaca, berguna tidak fitur ini? Please share your thought…

Berikutnya adalah Mic and Camera access lights

3 thoughts on “Apple iOS 14: Should you upgrade?

    • Penggemar Apple lebih militan daripada penggemar Android. Itulah bahayanya menjadi “fanboy” product ataupun orang tertentu. Harus tetap open mind ya mas Gadael, betul tidak.
      Sebenarnya saya ingin sekali menulis features Android yang luar biasa bermanfaat yang bisa meningkatkan features iOS ke depan sehingga Apple Fanboy lbh terbuka cara pikirnya… :)… Jangan marah ya Apple Fanboy, kita jadi Technology Fanboy aja, yg bagus yg kita elu2kan… :)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s