Apple iOS 14: Should you upgrade?

iOS versi 14 ini sedianya diluncurkan SEHARI setelah Apple Event berjudul Time Flies pada tanggal 15 September 2020, pukul 10:00 EDT atau 24:00 WIB. Acara ini sudah lama ditunggu2 penggemar Apple Products, karena diharapkan Apple akan menampilkan berbagai macam product seperti New Apple Watch, iPad, Apple Glass, dan terutama adalah iPhone 12 sebagai penantang berat Samsung S20 dan Note 20 yang telah beredar di pasaran.

Namun ternyata… semua harus kecewa karena yang nongol hanya Apple Watch 6 yang secara tampilan fisik tidak berubah sejak Apple Watch diluncurkan, dan iPad Air yang diprediksi akan menjadi pembunuh kakaknya iPad Pro 😬. Cuma itu doang…

Saya yang menonton acara itu besok paginya, terus terang kecewa kok “hanya” begitu sihh… Duhh… males benerrrr… Anak saya yang juga sempat menonton acara itu mengatakan hal serupa. Demikian juga teman2 lain yang berharap banyak pada acara Time Flies ini. Benar2 merasa “hanya begitu”…

So akhirnya, yang dinantikan oleh seluruh Apple Fanboy adalah launching iOS 14 keesokan harinya. Artinya, sekitar siang hari tanggal 16 September 2020 Waktu Indonesia Bagian Barat. Akan tetapi, ditunggu-tunggu yang janjinya “will be available tomorrow” itu, gak nongol2 juga, sampai malam juga.

iOS 14 baru bisa didownload pada tanggal 17 September 2020 lalu, dan saya langsung mengupgradenya tanpa pikir panjang lagi. Sebenarnya saya bisa mengupgrade iOS 14 GM (Golden Master) Version yang dibagikan bagi Developer seperti perusahaan kami yang kebetulan bergerak di bidang IT, akan tetapi saya merasa lebih safe yang di release secara umum.

Nah setelah mencoba berbagai fitur2 yang ketinggalan jaman itu, dan merasakan UI (User Interface) yang biasa2 saja dari kacamata Android User, maka saya mulai mengutak-atik bagian2 setting. Dan singkatnya dari sekitar 200+ fitur2 baru di iOS 14, hanya ada 5 fitur yang akhirnya membuat saya merasa harus menuliskan postingan ini.

Meskipun hanya lima, namun kelima fitur ini membuat saya berjingkrak kesenangan, dan langsung meminta istri dan anak2 saya untuk mengupgrade ke iOS 14. Kelima fitur itu semuanya berhubungan dengan kepedulian Apple terhadap Privacy dan Security User. 

3 thoughts on “Apple iOS 14: Should you upgrade?

    • Penggemar Apple lebih militan daripada penggemar Android. Itulah bahayanya menjadi “fanboy” product ataupun orang tertentu. Harus tetap open mind ya mas Gadael, betul tidak.
      Sebenarnya saya ingin sekali menulis features Android yang luar biasa bermanfaat yang bisa meningkatkan features iOS ke depan sehingga Apple Fanboy lbh terbuka cara pikirnya… :)… Jangan marah ya Apple Fanboy, kita jadi Technology Fanboy aja, yg bagus yg kita elu2kan… :)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s