Apple iOS 14: Should you upgrade?

Fitur keempat adalah Photos Access.

Pernah gak pembaca menginstall App yang kita tahu gak ada hubungannya dengan Library foto kita tetapi dia tetap minta kita memberikan ijin untuk mengaksesnya?. Saya sering menginstall App seperti itu, yang membuat saya bertanya2, buat apa sih minta akses ke Library foto segala. Akan tetapi sekali lagi, karena kita lagi butuh, akhirnya kita setujui juga, meskipun dengan hati dongkol.

Nah sekarang iOS 14 memungkinkan kita untuk membatasi si App kurjar itu untuk mengakses terhadap foto2 kita. Yeeeeyyyy… Saya benar2 senang lho. Sebelumnya saya benar2 merasa tidak berdaya dengan permintaan ijin akses semacam ini. Dikasih gimana, ditolak kita gak bisa install Appnya… ergghhh… Mirip seperti ketika kita memberikan ijin untuk mereka mengetahui Location kita.

Kita tidak tahu dengan ijin akses ke Library foto kita itu, apa yang mereka lakukan. Mereka bisa saja mengupload semua foto2 kita untuk tujuan yang tidak kita ketahui, secara background proses alias diam2. Dan saya percaya ini yang mereka lakukan.

Ngeri kan???

iOS 14 memberikan kita pilihan untuk membatasi si App untuk TIDAK BISA (NONE) mengakses Library kita, akan tetapi berarti ada kemungkinan kita tidak bisa menginstall aplikasi itu, atau hanya SELECTED PHOTOS  sebagai alternative ALL PHOTOS seperti yang selama ini kita ijinkan.

Dengan adanya opsi SELECTED PHOTOS, maka kita bisa membatasi App itu untuk hanya mengakses foto2 tertentu yang memang dibutuhkan, instead of SELURUH FOTO seperti yang sekarang ini kita ijinkan.

Ciamik kan???

Menurut saya sih ini ciamik banget…

Makanya begitu saya ketahui fitur ini, langsung deh semua App yang tadinya “bebas” mengacak-acak libray foto saya, saya batasi…😁😁😁… Kapokmu kapan??? Wkwkwk… 😝😝😝

Meksipun mungkin terlambat, tetapi ya better late than never lahhh…

Berikutnya fitur terakhir Privacy Report…

3 thoughts on “Apple iOS 14: Should you upgrade?

    • Penggemar Apple lebih militan daripada penggemar Android. Itulah bahayanya menjadi “fanboy” product ataupun orang tertentu. Harus tetap open mind ya mas Gadael, betul tidak.
      Sebenarnya saya ingin sekali menulis features Android yang luar biasa bermanfaat yang bisa meningkatkan features iOS ke depan sehingga Apple Fanboy lbh terbuka cara pikirnya… :)… Jangan marah ya Apple Fanboy, kita jadi Technology Fanboy aja, yg bagus yg kita elu2kan… :)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s