UC Berkeley Commencement 2013 (final part)

Keynote Speaker: Steve Wozniak

Acara selanjutnya, Alison Yi (?), Vice President of Commencement UCB, memperkenalkan Keynote Speaker yang telah dinanti-nantikan seluruh hadirin, yang tidak asing lagi bagi penggemar product Apple. Siapa lagi kalau bukan, Steve Wozniak, Class of 1986, yang juga merupakan co-founder dari Apple, Inc yang terkenal di seantero jagad itu.

Steve WozniakBeliau memulai speechnya dengan menceritakan kebanggaannya telah lulus dari UCB, nostalgianya selama kuliah disana, memuji-muji Berkeley yang sering memperjuangkan human values, human right, menentang peperangan dll.

Woz juga membagikan formula hidup yang dia rumuskan sebagai berikut:

H = S – F

Rumus di atas adalah rumus hidup yang dia dapatkan dari pengalamannya di dalam menjalani hidupnya sendiri. Dia mengatakan kurang lebih begini: “Kebahagian adalah arti dari hidup itu sendiri. Tidak peduli berapa kapal pesiar (yacht) yang kalian miliki, title / jabatan apa yang kalian sandang, seberapa banyak uang yang kalian hasilkan, seberapa banyak penghargaan yang kalian peroleh dalam hidup, namun jika tidak bisa menikmatinya, buat apa? Bandingkan dengan gelandangan yang tertawa, bersenda gurau dan having fun time.”

Woz masih melanjutkan:”Kalian ingin menjadi seperti apa ketika nanti sudah mati?? Saya lebih memilih menjadi the fun person”. Oleh karena itu katanya menambahkan:

Happiness is equal to Smile minus Frown atau Kebahagiaan adalah banyaknya senyum dikurangi merengut🙂.

Woz kemudian menyempurnakan rumus itu menjadi:

H equal to F cube atau H = F3 atau H = Food + Fun + Friend. Happines is about Food, Fun and Friend.

Ketika hal ini diceritakannya ke temannya, sembari bergurau temannya menambahkan satu F lagi yang tidak dia uraikan apa F keempat itu, namun seluruh hadirin tampak sangat paham apa yang dimaksud🙂.

Woz juga menyinggung soal kegemarannya bermain gitar, bermain music, dan juga secara khusus menyebut TopDog, hotdog paling terkenal di kalangan anak2 Berkeley🙂.

Secara umum pidato beliau tidak seheboh yang saya harapkan, bahkan terus terang saya kecewa. Saya berharap pidatonya menjadi memorable speech seperti yang dibawakan oleh Steve Jobs pada commencement di Stanford. Namun sayang pidato Woz memuat terlalu banyak topic kecil-kecil yang tidak berkesinambungan, beliau juga menyinggung mengenai IT, Internet, perkembangan teknologi dan lain hal yang tidak runut.

Setelah setelah Keynote Speaker oleh Steve Wozniak, acara dilanjutkan oleh Music Ensamble dari Berkeley yang membawakan tari2an dari Afrika:

African DanceSaya tidak tahu kenapa yang dipilih tari2an Afrika yang dimata saya tidak karu2an itu. Sayang sekali bukan tarian Bali yang indah, pakaian maupun gerakannya itu. Haisss…mimpi kali ya? Tapi siapa tahu suatu ketika tari2an tradisional kita muncul di acara seperti itu. Mimpi kan gratis ya🙂.

Kemudian diikuti oleh Koor dari University California Gospel Chorus. 

UC Gospel Chorus

Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang The Elise and Walter A. Haas International Award 2012 yang jatuh kepada alumni UCB: Xiulan Zhang Ph.D. ’99. Xiulan Zhang

Selain itu juga ada penyerahan Teaching Award Recipient for outstanding teachers, Good Citizen Award, University Medal to most distinguish graduat dll yang tidak perlu saya uraikan disini.

Main event

Setelah itu tibalah acara yang paling ditunggu oleh seluruh wisudawan dan hadirin semua, yaitu acara peneguhan wisudawan dengan berjalan di podium untuk dipindahkan Tasselnya dari kanan ke sebelah kiri.

Pada awalnya anak2 tampak tertib mengantri, satu persatu meninggalkan kursi berjalan ke ujung sebelah kiri untuk kelompok sebelah kiri, atau keujung sebelah kanan untuk kelompok kanan. Sebelum tiba di podium, satu persatu difoto terlebih dahulu di depan backdrop biru dengan logo UCB.

Namun dasar anak2 dan mungkin juga karena kurangnya pengaturan dari panitia, antrian yang tadinya rapi tiba2 menjadi berantakan, mirip seperti antrian di Indonesia J, kacauu… bener2 gak beda deh meskipun lulusan dari TOP University in the World, sama saja kelakuannya wkwkwk…Pisss jangan marah ya yang dari UCB🙂.

Coba perhatikan serangkaian foto2 berikut ini.

Antri podium 1

Pada foto di atas tampak masih rapi kan? Wisudawan berderet menuju sisi sebelah kiri kursi, kemudian bergerak ke depan searah garis kuning, berhenti di photobox untuk difoto, kemudian menuju podium.

Antri Podium 3

Pada foto di bawah ini, tampak wisudawan mulai menggerombol tidak teratur di bagian depan, namun sesi foto masih bisa berlangsung dengan baik.

Antri Podium 4 Antri Podium 5 Antri Podium 6

Pada foto di bawah, gerombolan semakin tidak teratur, juru kamera mungkin sudah tidak tahu lagi bagaimana mengatasi wisudawan yang menyemut seperti itu🙂. Backdrop sudah tertutup wisudawan yang berebutan ingin didahulukan.

Antri Podium 7

Coba perhatikan foto di bawah ini, si backdrop sudah tidak tampak lagi, tertutup oleh gerombolan wisudawan🙂. Beberapa wisudawan bahkan tidak lagi mengantri, tetapi langsung melewati sesi foto dan menyerobot antrian ke podium… wkwkwk…kelakuann…kelakuannn….:)

Antri Podium 8

Begitu mendekati podium, satu persatu wisudawan menyerahkan selembar kertas ke petugas pembaca nama. Kertas itu ternyata isinya adalah nama wisudawan yang dituliskan agar pembaca nama tidak salah di dalam membaca / melafalkan nama yg bersangkutan. Jadi bukan membaca dari list nama seperti kebiasaan yang saya lihat. Bagus juga🙂.

Podium 1 Podium 2 Dengan diberikannya nama, tepat sebelum Tassel dipindahkan dan berjabat tangan dengan Chancellor, maka pemanggilan nama tepat sesuai dengan urutannyaPodium 3

Seusai bersalaman, wisudawan langsung turun dari podium, dan…heboh dengan teman2nya🙂.Podium 4

Pada saat wisudawan mulai meninggalkan kursi untuk menuju podium, suasana Stadium sudah mulai berubah, beberapa ortu dan keluarganya langsung berdiri untuk menuju ke pintu keluar menemui putra/putri mereka. Beberapa lagi tidak menuju antrian tetapi mendekat ke kursi hadirin. Pada saat ini, acara sudah bisa dikatakan setengah bubar.

Sementara wisudawan lain masih berjalan di atas podium, yang sudah turun berfoto ria di depannya🙂

Berfoto di depan podiumSetelah seluruh wisudawan memperoleh kesempatan berjalan di atas podium, maka acara ditutup dengan ucapan terima kasih kepada Bergeneu yang telah mengabdi selama 9 tahun, dan seluruh faculty members meninggalkan podium. Namun rasanya tidak ada lagi yang memperhatikan hal ini karena semua sudah heboh dengan putra/putri mereka sendiri.

Dengan demikian pada sekitar pukul 17:00 acara yang selama bertahun-tahun dinanti-nantikan oleh seluruh wisudawan dan keluarganya itupun bubar.

Seluruh wisudawan beserta keluarga berhamburan keluar Stadium, dan saya yang selama acara terpisah dengan istri saya, akhirnya menemukan istri saya yang hilang di depan Stadium dalam kondisi kebingungan🙂.

Acara selanjutnya adalah mengekor anak2 ke department masing2, memfoto mereka, menunggu mereka bersenda gurau. Wisudawan2 asal Indonesia berkumpul di sekitar Sather Gate beserta orangtua, handai taulan dan teman2 dari Uni2 lain.

Suasana di depan Stadium setelah acara bubar:

After Commencement

Suasana di sekitar Sather Gate

Sather Gate - Kumpul

Putera dan Puteri Bangsa Yang Luar Biasa

Indonesian Graduates Sather Gate 1 Sather Gate 2 Sather Gate 3Muda2 mudi di bawah ini tidak tampak tidak peduli dengan kehebohan wisudawan2 di sekitarnya, mereka asyik berdansa-dansi sendiri🙂.

Sather Gate - Dance

Kami meninggalkan kampus sekitar pukul 19:30 dalam keadaan lelah dan perut lapar…namun bahagia di hati🙂.

Sekian liputan UC Berkeley Commencement 2013, semoga pembaca tidak bosan membaca tulisan saya yang panjang lebar ini. Bagi anak2 wisudawan yang kebetulan membaca tulisan saya ini, mohon dikoreksi kalau ada yang salah.

Mohon maaf jika banyak salah ketik, salah eja, dlsb, saya sudah tidak sempat lagi membaca ulang dan mengeditnya, mata saya sudah perih seperti tertusuk jarum untuk melunasi hutang saya ini. Jadi harap maklum ya pembaca yang tercinta.

Tulisan saya berikutnya adalah mengenai Commencement di Electrical Engineering and Computer Science Departement, yang diadakan sehari setelah General Commencement ini.

Salam,

12 thoughts on “UC Berkeley Commencement 2013 (final part)

  1. Selamat ya pak atas kelulusan Putranya😀
    Senang sekali membaca betapa luar biasanya proses wisuda di sana, bagi saya yang selama ini hanya menghadiri acara wisuda yang paling banyak dalam satu wisuda hanya ada 200an lulusan😛
    Tinggal kurang foto Pak Guntur + Istri + Ivan saja nih yang belum tampak di ceritanya hehehe
    Ditunggu cerita menarik lainnya pak😀

    • Terima kasih Peppy atas ucapan selamatnya.

      Saya juga sama, dulu perasaan sekali wisuda hanya ratusan orang, tidak se-akbar ini. Foto2 sudah saya post semua, silakan dinikmati🙂

  2. Wiw….nice story, congrats yah pak🙂
    Pas baca cerita ini, kok saya malah rada bingung, imajinasi yg muncul antara berimajinasi kira2 situasi disana kecampur ama kenangan pas saya wisuda, hehehhe.

    Hmmm…tapi tampak seru dan menyenangkan yah pak? Tampak banyak beda sih kayaknya dibanding prosesi wisuda disini, disana lebih gede, lebih rame, pernak pernik nya tampak lebih banyak juga, hehehe. Meskipun ternyata ada juga kelakuan2 yg bisa ditemukan di indo, hehehhe.
    Tp yg paling saya setuju dari semua cerita bapak, yaitu situasi dimana orang tua cuman ngikutin anaknya kesanasini, asik ketemu temen, foto2, guyon2, dan orang tua dgn luar biasa sabarnya nungguin, bahkan gak ngajak pulang (pengalaman pribadi).

    Dulu di univ saya, ketika prosesi, ada 1 kegiatan dimana dekan yg mimpin wisuda juga mengingatkan kl kita bisa sampe pake toga krn dukungan orang tua dan keluarga, sama kan dgn crita bapak🙂 nah krn itu, dekan nya minta semua wisudawan untuk berdiri, ngadep ke belakang, dimana para orang tua duduk, kemudian hormat sambil bilang terima kasih papa mama. Dan ternyata momen itu sukses bikin para mama2 nangis, hehehhe.

    Lah, kok saya jd ikutan cerita, hehehe.
    Skali lagi selamat yah pak buat kelulusan putranya, dan makasih dulu pernah kasih ivan buat bantu2 di project🙂

    • Terima kasih Tanti atas ucapan selamatnya.

      Jadi bernostalgia ya🙂.

      Sesi dimana anak2 disuruh berdiri dan menghadap ortu itu juga ada, tetapi pada saat commencement di Department EECS. Mereka disuruh berdiri, menghadap ke hadirin sambil melambai-lambaikan tangannya mengucapkan terima kasih.

      Jangan takut kepanjangan berkomentar, saya malah sangat menghargai komentar seperti ini, sehingga blog ini jadi ajang sharing. Kebanyakan pembaca hanya membaca, mangut2 (yang saya gak lihat :)), terus ya begitu aja🙂.

      Salam,

  3. wah Pak congrats ya Pak atas kelulusan anak tertua nya😀 such a great share that i ever read😀 kebetulan saya juga skrg sambil kerja di uni international yang akan “mengirim” anak2 nya ke uni di luar negeri, saya jadi tau at least keadaan disana, dan kalau dapet tugas mendampingi disana jadi tau dress code nya😛

    betul2 crowded banget ya pak disana, sekali lulus banyak hehe..

    sukses terus pak😀 terus ngeblog ya pak hehe..

    • Terima kasih mbak Diana,

      Semoga dalam waktu dekat memperoleh kesempatan mendampingi anak2 wisuda ke LN, tapi jangan lupa untuk share disini ya🙂.

      Terima kasih atas supportnya, saya akan coba terus ngeblog sampai pembacanya bosan🙂.

      Salam,

      • wah pak wes lupa sama anak nya sampe dipanggil mbak >.< anak mu yang dulu jaga depan ini.. sekarang saya bertugas mendampingi anak2 nya yang mau dikirim keluar negeri.. hihi baca blog bapak saya jadi dapet inspirasi pak kira2 graduation disana seperti apa hehe..

        • Oooalaaa…lha takut salah nanti, paling aman ya mbak atau bu. Ntar sok kenal malah salah orang saya dikepruki wkwkwkwk…

          Ooo jadi skr jadi gembala domba2 kecil gitu ya🙂. Ya baguslah, siapa tahu dapat kesempatan nganter wisudah keluar sana ya.

          Salam,

  4. Selamat y Pak Guntur…
    Pasti Bapak banyak senyum selama Acara wisuda, karena Bapak pasti sangat Bahagia?!
    Cause H = S – F🙂

    Dlu waktu wisuda jg ad perasaan ga enak pake hiasan kata2 “Cum Laude”. Tp benarnya harusnya bangga! Deal with ur opinion Sir…

    Kapan ya bs ngerasain studying abroad y Pak…. Pengen loh Pak! *jadi curhat* Wkwkkwk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s