UC Berkeley Commencement 2013 (part 3)

Acara wisuda

Acara dimulai dengan dua orang pembawa bendera Cal berlari memasuki lapangan dari sebelah kiri Stadium.

Entry 1aKemudian diikuti drumband UC Berkeley:

Entry 2a

Dan…muncullah bintang pada hari itu, para wisudawan yang berbahagia:

Entry 3a

Mereka langsung berhamburan menempati deretan kursi yang telah ditentukan, namun saya tidak tahu pasti berdasarkan apa: 

Entry 4aSebagian dari mereka tidak langsung duduk, tetapi mencari-cari keluarga mereka di deretan hadirin

Entry 5a

Ada juga sebagian wisudawan yang tidak langsung menempati kursi yang telah disediakan, tetapi mereka menghampiri deretan tempat duduk orang tua atau keluarga mereka untuk berjingkrak-jingkrak kegirangan, ada yang berguling-guling di rumput, tidur2an dan berbagai tingkah polah mereka di dalam mewujudkan kebahagian mereka🙂.

Sehingga ketika acara sudah mulai beberapa saat, sebagian dari mereka belum menempati kursi yang seharusnya mereka duduki. Coba perhatikan anak2 yang duduk seenaknya di deretan depan dan sebagian lagi ‘ndlosor’ di rumput seenaknya sendiri🙂.

Entry 6

 Perhatikan betapa santainya mereka duduk2 di rumput :}Wisudawan nglumpruk

Setelah semua wisudawan duduk tertib di kursinya masing, acara dimulai dengan menyanyikan US National Anthem – The Star Spangled Banner yang dibawakan oleh Warren Heart, seorang mahasiswi UCB dengan gaya, penjiwaan serta suara yang mantap sekali. Menyanyikan National Anthem ini wajib dilakukan untuk semua acara resmi.

Opening Speech: Chancellor Robert Bergeneu

Selesai menyanyikan National Anthem, acara dilanjutkan dengan Opening Speech terakhir semasa jabatan Rektor (Chancellor) UC Berkeley, Robert Bergeneu, yang telah menjabat sejak 2004 dan mulai 1 Juni 2013 tidak lagi menjabat sebagai Rektor untuk menjadi pengajar tetap.

BergenuChancellor Bergenue yang menjabat sebagai Chancellor ke 9 UC Berkeley, membawakan pidatonya dengan sangat santai, menyapa kehadirin dan sekaligus mengumumkan mengenai ‘graduation’ dia sebagai Chancellor yang akan berakhir akhir Mei 2013. Beliau akan bertugas kembali sebagai faculty member Department of Physic – Material Science & Engineering mulai 1 Juni 2013.

Beliau juga mengucapkan selamat ke semua wisudawan yang telah berhasil lulus dari University, namun bukan sembarang University katanya, tetapi University of California – Berkeley. Beliau mengatakan bahwa mereka mulai hari itu menjadi bagian penting dari 7 Milyar manusia di bumi. Yang mulai hari itu juga menjadi salah seorang anggota dari satu group elite yang terdiri atas 450.000 lulusan UC Berkeley. Yang mana tidak bisa dinikmati oleh 6.950.000 orang lainnya. Jiehhh….PD bener si beliau🙂.

Bergeneu juga mengumumkan dengan bangga bahwa sejak tiga semester lalu, UC Berkeley menjadi Universitas pertama di US yang memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa yang berstatus Undocumented Students.

Jumlah mahasiswa yang Undocumented Students di US sangat banyak, dan mereka kesulitan memperoleh bantuan keuangan untuk kuliah. Apakah Undocumented Students itu? Definisi yang saya peroleh dari Google adalah sebagai berikut: Undocumented students are those students who are present in the United States illegally, with or without their parents or caregivers.

Bantuan seperti ini tentu amat sangat berarti bagi mahasiswa dengan status seperti itu. Hal ini juga menunjukkan bagaimana UC Berkeley boleh menjadi salah satu Universitas yang memiliki kepedulian social yang sangat tinggi.

Beliau juga mengajak semua graduates untuk bersama-sama berterima kasih kepada orangtua, sanak saudara dan teman2 yang telah memberika support sehingga mereka bisa menjadi wisudawan hari itu. Serta juga tidak lupa berterima kasih kepada seluruh dosen dan staff.  Ajakan yang sangat bijaksana yang mengingatkan para graduates bahwa mereka bisa berada disana adalah karena orang tua, sanak saudara, dan teman2 yang selalu memberikan support baik dalam suka dan duka. Mudah2an mereka mendengar dan memahaminya🙂.

Selanjutnya beliau mengumumkan keberhasilan Berkeley di berbagai bidang ilmu termasuk juga berbagai cabang olahraga. Bergeneu juga mengatakan bahwa jumlah mahasiswa di UC Berkeley dari keluarga dengan penghasilan di bawah 45.000 USD per tahun, yang termasuk dalam Federal Program,  adalah terbesar di US, dengan jumlah lebih dari total dari seluruh 8 Universitas dari kelompok Ivy Leage (kelompok Universitas elite di US). Hal ini juga menunjukkan betapa generousnya UC Berkeley.

Sebelum menutup speechnya beliau menitipkan dua pesan kepada seluruh wisudawan:

  1. Pertama, beliau meminta seluruh wisudawan menunjang Public University sehingga semakin banyak orang yang boleh menikmati pendidikan berkualitas seperti apa yang telah mereka nikmati.
  2. Kedua, beliau meminta seluruh wisudawan melanjutkan tradisi yang sangat membanggakan dari Berkeley sebagai public service, dengan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, baik menjadi tutor Sekolah Luar Biasa, menjadi kakak asuh dari adik2 yang membutuhkan atau menjadi anggota korp perdamaian.

Beliau berharap para wisudawan bisa menjadi orang yang bermanfaat, baik dalam lingkup local, Nasional maupun International. Terakhir beliau mengatakan:”May your life be richly rewarding and fullfiling, and may you enjoy much happiness. Congratulation and good luck Class of 2013. GO BEARS!!!”

UC Berkeley Young Alumni Speaker

Speech berikutnya dibawakan oleh UC Berkeley Young Alumni Speaker from Class 2001, Briana Keeler (?), seorang gadis cantik yang sangat percaya diri, yang pada awalnya sempat hancur berantakan mimpinya karena ditolak oleh UCB, menangis, marah, dan mengamuk, kemudian dia memutuskan untuk appeal dan setelah dua minggu kemudian…akhirnya diterima. Dia menganggap rejection itu sebagai cobaan dari UCB terhadap characternya.

Briana Keeler

Pidatonya cukup menarik, beberapa hal yang bisa saya tarik adalah “It is ok to fail. The best thing in life come from RISK, and LEARNING from it.”  Pengalaman buruk, ketidak enakan, rejection dan lain sebagainya tidak boleh membuat kita putus asa. Dia mengutip ucapan Winston Churcill yang mengatakan: If you are going to hell, keep going. Intinya terjang terus, jangan putus asa, meskipun cobaan semakin keras dan berat hingga rasanya berada di Neraka.

Dia juga mengatakan: “As you follow, what inspires you, it is not going to be easy. But take risks, and keep going. I promise you, it would be worth it, even if… even when….you fail.” Luar biasa! Ucapan yang hanya akan keluar dari mulut seseorang yang mengalami pahitnya kehidupan dan tetap tidak menyerah. Saya sangat salut ucapan itu keluar dari seorang gadis muda yang bisa menarik pelajaran berharga atas segala kepahitan dan kegetiran yang mungkin dia alami.

Class 2013 – Senior Gift Campaign

Acara berikutnya adalah penyerahan hasil pengumpulan dana untuk membantu mereka-mereka yang membutuhkan dana selama menempuh pendidikan di UCB. Tradisi pengumpulan dana ini telah ada sejak Class 1874 dengan total Gift 84.10 USD. Hari itu, diwakili oleh Shanon Marrie Pfeifer (?) and Tyler Wislav (?) Class 2013 Gift Committee – 2013 Senior Gift Campaign, mereka menyerahkan record breaking campaigne dari 1577 senior dengan mengumpulkan dana sebesar 113,628.80 USD.

Fund raising

Part 4: Keynote Speaker: Steve Wozniak

One thought on “UC Berkeley Commencement 2013 (part 3)

  1. Pingback: UC Berkeley Commencement 2013 (part 2) | Guntur Gozali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s