Whaattt???…Now Samsung wins latest Apple battle???

Hekkk…apa gak salah baca? Saya tunggu lagi running text di siaran CNN yang lagi menayangkan acara Fareed Zakaria: GPS malam ini (2 September 2012 pukul 19:15), di bagian bawah layar, di sebelah kanan icon CNN.com berganti-ganti ditampilkan judul berita terkini, rasanya saya tadi membaca berita kemenangan Samsung lawan Apple.

Hmm..mana ya…ganti berita lagi…bukan…ganti lagi…bukan juga….kemudian…yakkk…muncul: Samsung wins latest Apple battle. Yak, betul…hahaha…betul ini… saya tidak salah baca🙂.

Yeeyyy…ternyata mata saya masih bagus hahaha..

Saya cepat-cepat meletakkan sendok makan saya, meninggalkan istri saya yang kebingungan, mengambil Mac Book Air saya, dan mengetikkan CNN.com, saya cek di homepage tidak ada. Kemudian saya click di bagian technology, tidak ada juga.

Hmm…guyon ini sih… ehhh…wait…ternyata ada di ujung kanan atas, dengan judul berbeda dengan di siaran CNN di bawah topic [WHAT Matters] : Japanese court backs Samsung in latest Apple skirmish.

Cepat-cepat saya baca beritanya, ternyata betul, meskipun bukan di US, tetapi Samsung betul memenangi pertarungannya dengan Apple di Jepang, tepat seminggu setelah kekalahannya di US yang menyebabkan Samsung di denda 1B US$ seperti posting saya sebelumnya (baca: Yess Apple won…so what is it for me??)

Diberitakan bahwa pengadilan distrik Tokyo, hari Jumat, memutuskan bahwa Samsung tidak melanggar hak patent Apple untuk produk smartphone Galaxy dan tablet Galaxy. Fokus dari kasus ini adalah teknologi yang digunakan oleh Samsung di Galaxy S, S2 dan Galaxy Tab 7 untuk mensinkronkan music dan video dengan komputer – teknologi yang diklaim oleh Apple dicopy oleh Samsung.

Hakim Tamotsu Shoji menolak tuntutan Apple sebesar 100 juta yen ($1.27 juta USD) dan memerintahkan perusahaan raksasa dari California ini untuk membayar biaya pengadilan. Hehehehe…mungkin Apple salah menggunakan strategy perangnya.

Posting saya sebelum ini menuai banyak sekali komentar, saya harap  kemenangan Samsung di Jepang ini akan menyebabkan perdebatan yang sama serunya. Ayo pendukung Apple dan Samsung, bagaimana menurut pembaca mengenai kekalahan Apple di Jepang ini?

Apakah ada factor ke Asia-an? Atau Jepang takut nanti produk2nya yang dulu menjiplak produk US juga bakal dituntut? Atau memang sudah sepantasnya Samsung menang, justru pengadilan US nih yang tidak fair?

Sebagai gambaran, pertarungan Apple vs Samsung di beberapa Negara lain menghasilkan hasil yang berbeda-beda pula (saya kutip dari Majalah Detik, 3 – 9 September 2012). Ternyata betul ya, lain ladang lain belalang wkwkwkwk….take a look:

Jerman

Pada 2011, Apple menggugat tablet PC Galaxy Tab 10.1 Samsung yang dituding menjiplak iPad 2. Pengadilan Jerman akhirnya melarang pemasaran Galaxy Tab 10.1 di Uni Eropa karena dinilai sangat menyerupai iPad2. Samsung memodifikasi Galaxy Tab 10.1 agar dapat dijual kembali di Uni Eropa.

Australia

Samsung dan Apple saling berebut paten teknologi. Apple menggugat Samsung terkait Galaxy Tab 10.1 karena dinilai melanggar paten. Namun Samsung berhasil meyakinkan pengadilan, sehingga Galaxy Tab 10.1 tetap dijual. Samsung juga berupaya memperjuangkan tujuh paten wireless yang diklaim sebagai miliknya. Perang antarkeduanya masih berlangsung alot.

Inggris

Apple menuding Galaxy Tab 10.1 produk Samsung menjiplak desain iPad. Pengadilan Inggris memenangkan Samsung. Applepun harus mengakui secara terbuka bahwa Samsung tidak menjiplak desain iPad. Apple harus mempublikasikan pernyataannya di website Apple Inggris selama enam bulan dan dimuat dalam sejumlah surat kabar dan majalah terkemuka Inggris.

Belanda

Samsung memenangi kasus hukum melawan Apple. Apple harus membayar denda karena melanggar paten teknologi Samsung untuk menghubungkan ponsel atau tablet ke internet. Gadget Apple yang melanggar yaitu iPhone 3G, 3GS, 4, iPad 1 dan iPad 2. Jumlah denda yang harus dibayar Apple disesuaikan dengan angka penjualan perangkat tersebut di Belanda, terhitung sejak 4 Agustus 2010.

Korea Selatan

Pengadilan Seoul menyatakan Samsung tidak melanggar paten desain iPhone milik Apple, tetapi keduanya dinyatakan tetap melanggar paten lainnya. Samsung didenda 25 juta won karena melanggar paten Apple pada fungsi bouncing back saat user melakukan scrolling dokumen elektronik. Sementara Apple didenda 40 juta won karena melanggar dua paten wireless Samsung.

Amerika

Apple menggugat Samsung dan dewan juri memutuskan Samsung melakukan 6 pelanggaran dari 7 pelanggaran paten yang diajukan Apple. Samsung didenda US$1.051 miliar atau setara Rp 9,5 triliun.

Melihat hasil di atas, menurut saya pemenang utamanya adalah pengacaranya, betul tidak? Mau Samsung kalah atau menang, mau Apple kalah atau menang, pihak pengacara dari kedua belah pihak pasti menikmati hasilnya wkwkwkwk… tul tidak?

What do you think friend?

 

One thought on “Whaattt???…Now Samsung wins latest Apple battle???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s