Galaxy Notes 10.1 is here!! Helllooo Apple….wake up!!!

Beberapa hari yang lalu, Samsung meluncurkan gadget terbarunya yang tidak saya nanti2kan, yaitu Galaxy Notes 10.1. Ya betul, tidak saya nanti2 kan, karena saya memang tidak berharap banyak terhadap GN 10.1 ini.Saya telah memiliki Samsung Galaxy Notes 7.0 sejak pertama kali diluncurkan, dan setelah menggunakannya, mencoba aplikasi2 yang sudah pre-installed di dalamnya, gadget ini hanya bertahan beberapa bulan di kantong saya dan setelah itu lebih banyak mengganggurnya.

Saya pikir Galaxy Notes 10.1 tidak lebih tidak kurang hanyalah Galaxy Notes 7.0 dengan layar yang 3.01 inch lebar, hanya itu bedanya. Namun dugaan saya rupanya salah, Samsung ternyata memang perusahaan yang sangat innovative. Mereka tidak tinggal diam, tetapi bekerja keras mengerjakan PRnya. Beberapa fitur yang dipamerkan Samsung pada GN 10.1 ini benar2 memikat hati saya, antara lain adalah fitur multiscreen, fitur handwriting to text conversion, pre-installed Adobe Photoshop, dan kita bisa menonton video sambil ngebrowse misalnya, dll.

Sebenarnya GN 7.0 merupakan product yang luar biasa, seandainya Apple mengeluarkan iPhone 7.0, saya pasti akan menggunakannya sehari-hari. Namun GN 7.0 menjadi gadget yang nanggung bagi saya. Saya lebih sering menggunakan BB dengan fitur BB Messenger nya, selebihnya saya menggunakan iPhone 4 sebagai backup jika baterai BB yang boros itu tiba2 habis, plus iPad untuk browsing, emailing, dan beberapa fitur lain.

Namun, dua hari lalu ketika saya melihat Official Hands-on video Samsung Galaxy Notes 10.1 di YouTube, saya terpana melihat inovasi yang dipamerkan oleh Samsung, terutama fitur multiscreen yang sangat original dan tampak sangat bermanfaat itu. Selain itu, aplikasi Adobe Photoshop Touch sudah pre-installed di GN 10.1 ini, sehingga fitur2 Adobe Photoshop yang sudah sangat terkenal canggih itu bisa digunakan di tablet…Hmm…luar biasa.

Check this out:

Bagaimana menurut pembaca? Ok tidak fitur2 yang dipamerkan oleh Samsung di video di atas ini??

Saya rasa Tim Cook harus bekerja keras membendung perusahaan Korea ini, jika tidak ingin dilibas gelombang dari Asia Timur. Terus terang, sebagai salah satu penggemar product Apple, saya akhir2 ini agak kecewa dengan performance Apple sepeninggal si legendary Steve Jobs.

Keynote speeches yang biasa dibawakan oleh Steve Jobs, yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh penggila gadget seluruh dunia, setelah digantikan oleh Tim Cook kok rasanya berbeda ya? Agak hambar, kurag greget. Hal ini bukan hanya saya saja yang merasakannya, tetapi juga beberapa rekan/teman yang saya tanyakan mengenai hal itu.

Selain itu inovasi yang bersifat WOW and AHA tidak terlihat pada iPhone 4S, iPad Bingung alias iPad New (yang Tim Cook aja kagak bisa kasih nama), dan terakhir OS X Mountain Lion. Saya yang biasanya sangat bersemangat untuk segera mengupgrade OS MacBook Air atau iMac saya, sekali ini tidak ada nafsu sama sekali, bahkan hingga hari ini.

Saya juga tidak terlalu bersemangat membeli iPhone 4S apalagi iPad New, tapi saya cukup tertarik untuk membeli GN 10.1. Saya ingin mencoba fitur2 yang dipamerkan di video hands-on itu.

Hmmm…come on Apple, wake up… Samsung is chasing you. And they really did a very good job.

Saya pikir apa yang sudah dilakukan Samsung luar biasa sekali, mereka banjiri market dengan berbagai macam produk, mereka kepung Apple dengan berbagai macam gadget, sampai market bingung sendiri mau milih yang mana yang harus dibeli … hahaha…

And now…will Galaxy Notes 10.1 be an iPad killer??

What do you think my dear reader, apakah GN 10.1 akan melibas iPad yang kelihatan sudah membosankan itu????

23 thoughts on “Galaxy Notes 10.1 is here!! Helllooo Apple….wake up!!!

  1. Betul, klu Apple tdk segera bangkit, pasar smart phone akan segera dikuasai Samsung sebagaimana TV (baca LCD, LED) dan klu sdh demikian persaingan tdk seru lagi dan inovasi2 akan melambat.

    • Apple lagi sibuk menghitung seluruh profitnya🙂, jadi sementara mereka sibuk bagi2 devidend dulu katanya wkwkwk..Nggak tahu kalau Samsung kerja keras mau menyalib di tikungan🙂.
      Saya rasa saat ini keberadaan Samsung yang membuat Apple bekerja keras, kalau tidak mereka tentu sudah santai2… Let’s Sept/Oktober nanti, apa yang akan mereka luncurkan, kalau tidak ada terobosan, saya rasa tahun depan sulit buat Apple untuk meredam serangan Android devices…ya nggak?

  2. Samsung memang sudah hampir menguasai dunia mobile. HTC/LG/Nokia sudah kalah sama dia ck…ck…ck… Sekarang rata2 penduduk di taiwan tidak mendukung product samsung terutama di bidang mobile, katanya samsung system bisnisnya kotor hehehehe

    Iya nih, apple kok diam aja. Saya juga fans berat apple. Tapi dari tahun ke tahun memang begitulah sifat apple, diam-diam makan dalam hehehe. Kita tunggu saja announcementnya tanggal 12th September, seharusnya bakal nge-bom lagi !!!

  3. Samsung 10.1 dengan feature2 baru yg notabene di PC or notebook adalah features yg sudah ada sejak “1000” thn yg lalu, namun untuk di Gnote rupanya malah menjadi kebanggan dan selling point. Apa yg susah dengan feature semacam itu dizaman sekarang?

    • Om Eddy, terima kasih atas komentarnya. Hahahaha…masa 1000 thn yg lalu featuresnya sudah ada wkwkwk… Tapi memang features itu sudah ada di notebook/ultrabook, hanya saja processor, RAM dan OS untuk tablet, tidak sehebat nb/ub.
      Keterbatasn CPU, RAM, OS dlsb menyebabkan aplikasi di Tablet sangat terbatas. Oleh karena itu innovasi si Samsung di GN 10.1 termasuk terobosan yang luar biasa.
      But anyway, tq for your comment Om Eddy, very challenging comment🙂
      GBU

  4. GN10.1, kelebihan utama yang bikin ngiler itu lantaran bisa buat nulis, lega pula. Sempet mau beli kalo uda launching, tapi setelah nemu buku kosong di stok,….. Ga jadi dhe hahaha.

    • Sebenarnya feature untuk handwritten blm terlalu bisa diandalkan, saya pakai Notes, tetapi masih tetap ada jarak antar pen tip nya dengan layar (apa itu parallax ya istilahnya). Jadi untuk nulis krg enak, akhirnya lbh bnyk pakai virtual keyboard, tetapi untuk coret2 ok sekali🙂.
      So, jangan putus as…katanya kalau keingingan kita tinggi ntar buku tabungannya bisa terisi sendiri wkwkwkw…
      GBU

      • Khan belum keluar pak gmn cobanya …
        Dan lagi, Samsung juga buat Windows Phone 8 dan Tablet untuk Windows 8
        Fitur Side By Side yang bapak lihat itu jadi hal biasa pak klo diTablet Windows 8.

      • Pak review Windows 8 dong …
        Versi resminya sudah release tuch, hanya saja hanya kalangan tertentu yang sudah bisa download. (misal: MSDN Subscriber)

        Menurut bapak kesannya gmn?
        Klo menurut rekan2x saya pada bilang aneh dan gak menarik.
        Karena tampilan kotak2x kayak lego aneh itu.

        GBU

        • Terus terang setelah saya terbiasa dengan Mac OSX, saya jarang mengutak atik Win OS. Rasanya sudah comfortable dgn OSX, dan daya explore juga sudah berkurang. Giliran kamu yang kudu kasih review Den🙂.
          Team AdIns, terlibat untuk explore Win 8 Phone, saya hanya sempat coba sebentar, memang agak aneh. Idenya membawa PC ke tablet, tapi UI nya kurang pas buat saya meskipun maunya banyak🙂
          GBU

  5. Pingback: Yesss Apple won…so what is it for me?? | Guntur Gozali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s