Zhen Qi Yun Xing – Menghembus Nafas, Meraih Kesehatan (bagian 2/5)

Klik disini untuk membaca bagian 1/5 –> Zhen Qi Yun Xing – Menghembus Nafas, Meraih Kesehatan (bagian 1/5)

Pengalaman kedua berkenalan dengan ZQYX

Nah beberapa waktu lalu, tiba2 salah seorang rekan kerja di kantor mengusulkan untuk memanggil instruktur ZQYX kembali. Tujuannya untuk refreshing setelah 6 tahun berlatih ZQ seenak udelnya…hehehe… Latar belakangnya, tentu sudah bisa diduga, lha kok tambah tua tambah gampang capek…

Setelah dicari-cari lagi kontaknya, akhirnya ditetapkan latihan ZQYX akan diadakan mulai dari tanggal 4 – 13 Juli 2015, hanya 10 hari dari seharusnya 13 hari, karena ini hanya refreshing atau pengulangan.

Berikutnya rekan saya mulai woro2 alias pengumuman melalui email, group chat ke siapa saja yang tertarik untuk ikut, termasuk ke saya.

Akan tetapi dari antara ex-peserta lama, saya salah satu dari sekian yang tidak bereaksi. Saya pikir… halllaahhhh… mbochai… percum tak bergun… paling juga sama seperti 6 tahun lalu… mak mblebesss… ilang ditiup angin.

Wis lahhh… buang2 waktu aja… mending saya jjp (jalan-jalan pagi) yang akhir2 ini lagi menjadi hobby baru saya, apalagi tiap sabtu ditingkahi dengan mmp (makan-makan pagi, ini acara jjp dilanjutkan dengan makan2 bersama-sama teman seperjuangan jjp :)).

Ya sudah, beberapa orang teman tetap bertekad untuk ikutan, termasuk istri saya. Setiap kali saya diajak, saya hanya mengatakan: “Ya gampanglah, nanti saya ikutan bayar, tapi gak janji rutin latihan ya..”. Begitu deh niatan saya ikut, hanya sekedar berpartisipasi saja, jadi penggembira.

So, ketika hari H nya tiba, saya baru sadar jatuh di hari Sabtu malam. Welleh kok Sabtu malam sihhh…

Jadi sejak hari Jumat saya sudah menetapkan hati gak bakalan ikut, ngapain lah… mending nonton film atau ngeblog (tuhh… saya lebih milih ngeblog dp kesehatan lho… hebat ya… hehehe).

Tetapi ketika tiba waktunya, saya juga gak tega melihat istri saya nyetir sendiri ke kantor, tempat kami akan berlatih. Hmmm… anterin gak ya… Ahhh… akhirnya dengan sangat terpaksa saya antar deh, sambil nanti… ikutan sebentar lah…. pikir saya.

Kurang lebih 15 menit sebelum pk 18:00, instruktur ZQYX sudah datang dan mempersiapkan bahan presentasi. Beliau adalah seorang bapak seumuran saya, lima puluh tahunan, bukan pasangan bapak ibu senior yang dulu melatih saya.

Tepat pukul 18:00 beliau memperkenalkan diri sebagai Bpk. Nico Martin, yang pernah menjadi atlit volley nasional, mengalami cedera di tulang belakang, dioperasi, lumpuh hingga 6 bulan, kemudian berkenalan dengan ZQYX dan akhirnya sembuh, berdiri di depan saya dengan sangat gagah dan sehat.

Hmmm…. boleh juga pikir saya. Ini orang yang mengalami sendiri secara langsung keajaiban ZQYX. Coba deh saya teruskan mendengarkan…

Apa itu Zhen Qi Yun Xing? Apa itu Qi?

Beliau menjelaskan bahwa ZQYX adalah pelatihan pernafasan yang ditemukan dan dikembangkan oleh Prof. Dr. Li Shao Bo dari Zhen Qi Yun Xing Research Institute Lanzhou – China, selama berpuluh tahun berdasarkan buku2 pengobatan traditional china (TCM – Traditional Chinese Medicine) digabung dengan teknik pengobatan modern dlsb dlsb.

Pelatihan meditasi pernafasan ZQ ini memfokuskan pada pengaturan nafas secara natural / alami. Jika Qi, yakni energy murni, yang dilatih sudah terakumulasi, maka dia akan menerobos semua Meridian dan bergerak bebas keseluruh tubuh untuk memperbaiki organ2 tubuh yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit…

Hmmm… jualan… pikir saya…

Beliau kemudian melanjutkan: berbagai macam penyakit bisa disembuhkan oleh ZQYX ini, mulai dari kanker, stroke, tumor, jantung coroner, Parkinson, gagal ginjal, diabetes, hepatitis, hipertensi, hipertiroid, gangguan pencernaan, gangguan penglihatan, pikun, prostat, impotensi, syaraf kejepit dlsb… dlsb…

Fiuhhh… sakti bener ya … apa iya syaraf kejepit bisa disembuhkan? Setelah dijelaskan oleh pak Nico, yang mana dia sendiri mengalami hal ini, saya menjadi sedikit lebih percaya.

Sampai disini saya sudah pernah mendengar, dan terus terang tidak membuat saya impress. Namun saya masih bertahan hingga ada satu kalimat yang membuat saya bertahan hingga selesainya pelatihan ini.

Dia mengatakan begini: “Dunia kedokteran barat lebih banyak mempelajari ilmu kedokteran dari apa yang tampak secara fisik. Sedangkan ilmu kedokteran Tiongkok selain dari fisik juga mempercayai adanya aliran Qi di dalam tubuh kita”.

Sampai disini kita juga tahu kan ya, kalau teknik pengobatan Tiongkok mengenai tusuk jarum di titik2 meridian tubuh, ilmu totok jari, ilmu memeriksa aliran Qi di pergelangan tangan kita, dan berbagai macam ilmu pernafasan seperti Tai Chi, Waitankung, Qi Qong dll dll…

Beliau kemudian melanjutkan:”Contohnya ketika saya menggerakkan tangan saya seperti ini…”, kemudian beliau menaikkan tangan kanannya pelan2 dari sisi tubuh hingga atas kepala, “…coba apa yang kita lihat? Tangan. Jari. Kulit. Betul? Apa yang bisa bisa lihat atau rasakan didalamnya? Ada daging, otot, tulang, urat syaraf, aliran darah dll dll. Betul kan?”.

Betullll… batin saya…pinter deh si pak Nico :)…

Lanjut beliau: “Nah, apakah bapak ibu, melihat energy yang menggerakkan tangan saya ini?”,…. Hekksss… iya ya… “Padahal semua setuju bahwa tanpa energy, kita tidak bertenaga. Kita lemas kalau tidak ada energy. Energy itu kita dapatkan dari makanan, yang diolah dan diserap oleh usus. Nah energy ini yang dipelajari ribuan tahun oleh tabib/ahli2 kesehatan Tiongkok jaman dahulu. Energy ini jika terakumulasi bisa menerobos meridian tubuh kita dan mengalir ke seluruh organ2 tubuh untuk menyehatkannya”.

Hmmm… betul juga… energy… Qi… tidak tampak, tapi bukan berarti tidak ada.

Coba kalau pembaca ditanya, apakah pembaca melihat huruf, angka, gambar, suara, video berterbangan di sekeliling kita? Tentu tidak ada, karena kita tidak melihatnya. Tetapi tidak melihat tidak berarti tidak ada bukan?

Padahal semuanya memenuhi ruang sekitar kita. Nggak percaya? Coba aja tangkap pakai handphone… lha itu yang namanya text, sms, chat, music, video, voice lewat mana masuk ke HP kita? Lewat udara bukan?

Itu logika saya yang bodoh ini lho…

Tetapi dari pernyataan sepele itu tiba2 mencelikkan mata saya, yang selama ini antara percaya dan tidak dengan Qi. Energy murni yang dimiliki oleh tubuh kita. Energy yang selama ribuan tahun sudah dipelajari di negeri Tiongkok sana. Yang dulu sering saya baca dalam komik silat karangan Asmaraman S. Kho Ping Ho, Khu Lung, Chin Yung dll. Dalam cerita silat: To Liong To, Bu Kek Siansu, Pendekar Super Sakti, Sin Tiaw Hiap Lu dll dll…. Lha kok nyasar ke komik wkakakak….

Tapi pada intinya Qi ini menjadi masuk akal bagi saya, menjadi lebih bisa saya terima. Dan sayapun memutuskan untuk memberikan kesempatan kepada si ZQYX mengajar saya untuk lebih sehat.

Klik disini untuk ke bagian selanjutnya –> Zhen Qi Yun Xing – Menghembus Nafas, Meraih Kesehatan (bagian 3/5): Zhen Qi Yun Xing 5 Tahap

 

Salam,

Guntur Gozali,

Jakarta, Kebon Jeruk,

Selasa, 14 Juli 2015, 02:15

http://www.gunturgozali.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s