2.8 Miracles of Fasting: Keto Diet Effects

Pada postingan sebelumnya (2.7 Miracles of Fasting: Bye Carbo, Welcome Fat…), kami bertiga, saya, istri saya dan putera kedua saya, Calvin akhirnya mencoba menjalani Diet Keto ini. Hal ini sangat baik dilakukan jika orang sekitar kita juga mendukung apalagi bersedia mengikutinya. Istri dan putera kedua saya, Calvin, kebetulan selama saya mengexplore Diet ini juga ikutan mendengarkan dan kami sering berdiskusi sehingga mereka juga tertarik mencobanya.

Akan tetapi ketika awal memulainya, saya malah memulai dengan Intermittent Fasting (IF) terlebih dahulu. Kemudian setelah 2 atau 3 hari saya kombinasikan dengang Diet Keto. Sedangkan istri dan Calvin hanya menjalankan Diet Keto, sekali2 mereka juga ikutan IF. Pada akhir minggu kedua menjalankan IF, saya lanjut dengan Prolonged Fasting (PF) selama seminggu. Apakah IF dan PF itu, akan saya bahas lebih detail setelah ini.

Efek Diet Keto…

Akibat dari kombinasi IF + Diet Keto + PF, maka saya yang paling banyak merasakan manfaatnya. Yang paling nyata  adalah penurunan BB yang relative cepat (kurang lebih 8 kg dalam 3 minggu). Istri dan anak saya tidak secepat saya mengalaminya (mungkin hanya sekitar 3 kg an).

Kedua, saya merasakan lebih energik.

Ketiga, saya juga merasakan lebih bisa focus, foggy brain yang saya alami jauh berkurang.

Gak percaya kan… Pada awalnya saya juga ragu2, Let’s talk about it later.

Kami menjalankan Diet Keto ini dengan cukup disiplin. Kami tidak lagi jelalatan kalau melewati Bakery atau Ice Cream Shop atau melihat makanan yang beraneka warna. Kami juga sudah tidak lagi mencari-cari Nasi atau Mie atau Roti. Putus hubungan!

Selama kurang lebih 3 bulan kami menjalani LifeStyle Keto ini, semua berjalan lancar, pada 3 minggu pertama Berat Badan saya sudah turun 8 kg (nanti detail di belakang), makan tidak ada masalah, semua baik adanya… hinggaa….

Stop Diet Keto

Lohhhh kokkkk??? … Apa yang terjadi?

Pada bulan May 2019 saya dan istri menengok anak2 di US (saat itu 3 anak saya semuanya di US, 2 kerja 1 kuliah), sekaligus kami juga berlibur bersama2 ke Rocky Mountain dan ikut Alaskan Cruise. Ketika kami keliling di Banff, Lake Louise, Moraine Lake dan sekitarnya, kami masih bisa mempertahankan Diet Keto kami, karena makanan disana sangat menunjang, meskipun beberapa kali bolos karena icip2 Ice Cream dan beberapa kue setempat.

Akan tetapi, setelah selesai berkeliling di Rocky Mountain dan memulai Alaskan Cruise saya memutuskan untuk break sementara dari Diet Keto :)…. pritttt… Time Out… Mau makan enak!!!!… wkwkwk…

Pada waktu itu, saya berpikir rugi bener yah sudah bayar mahal2 kok gak menikmati semua menu all you can eat yang disajikan, terutama fine dining yang dihidangkan tiap malam… wkwkwkwk… So, saya mengatakan ke istri dan anak saya untuk break dua minggu dehhh menikmati racun dunia… bwahahaha…

Dan keputusan kami itu tidak sedikitpun saya sesali, pancen makanannya uenakkkk… pollll dehhhh… Gak usah yang fine dining yang setiap malam diadakan, makanan di All You Can Eat Restonya aja ampunnnn dehhh… Dan bebas makan kapanpun… edannn…

Nah, ketika memasuki hari ke dua atau ketiga kami cruise, pada saat saya sedang mandi, saya menyadari kok banyak sekali rontokan rambut saya. Hal ini tampak jelas karena bathtubnya berwarna putih bersih dan juga shower curtain nya putih, plus bathroomnya sangat sempit, sehingga tampak jelas rontokan rambut saya dimana2. Hanya dengan menyisir rambut pakai jari tangan, tangan saya penuh dengan rontokan rambut, ratusan lembar. Sampai saya panik.

Wellehhh… lha kok bisa begitu, pikir saya. Sementara rambut saya ini PIRANG… PIRANG IJI (translate: hanya beberapa lembar), tidak seperti istri dan anak saya yang rambutnya seabrek2 gitu. Kejadian ini saya ceritakan ke istri dan anak saya.

Ternyata… mereka juga mengalami hal yg sama !!! Persis, akan tetapi tidak sepanik saya.

Lhoooo kok bisa????

Kami seketika curiga akibat efek Keto yang kami jalani selama ini. Saya segera browse kesana kemari, ternyata benar, salah satu side effectnya adalah rambut rontok, meskipun di beberapa website diuraikan cara mengatasinya.

Istri saya sebenarnya sudah mengalaminya ketika di Jakarta, tetapi dia tidak khawatir dan sering mengalami ini, apalagi rambutnya tebal dan banyak. Saya mungkin juga sudah mengalami, akan tetapi karena kamar mandi saya dindingnya coklat gak tidak terlalu terang, jadi saya tidak perhatian.

Pembaca bisa mengexplore beberapa Side Effects dari Keto di http://www.drjockers.com atau site2 lain seperti di bawah ini, akan tetapi tidak semua orang mengalaminya dan katanya bersifat sementara. Ini penting diketahui, jadi efek terhadap satu dengan lainnya bisa berbeda.

Keto Side Effects

Namun kerontokan rambut ini bukan satu2nya side effect yang saya alami, saya juga mengalami detak jantung tidak beraturan (Heart Palpitations). Kadang2 bisa berdetak lebih cepat, seperti slip begitu, sampai saya sering terbatuk2. Akan tetapi istri dan anak saya tidak mengalaminya.

Pada awalnya saya sempat panik juga, kok tiba2 jantung saya bisa deg deg dengan cepat, dan berkali2 terbatuk2. Saya pikir apa saya kena serangan jantung… lha wong lagi trend orang jantungan 🙂

Setelah saya search, ternyata ini juga side effect dari Diet Keto dan juga katanya bisa diatasi dengan minum supplement Magnesium kalau tidak salah. Akan tetapi yang memutuskan saya berhenti menjalaninya adalah kerontokan rambut.

Lha sudah wajahnya tidak seberapa, botak pula, kan gimana gitu tohhh… wkwkwkwk…

Sebenarnya ada banyak saran untuk bisa mengurangi kerontokan itu, tetapi saya masih khawatir. Iya kalau berkurang, lha kalau tidak? Kemudian, apakah hanya berkuang saja, gak numbuh lagi? Lha saat itu rambut saya sudah terasa tipis sekali, sampai terasa dingin kalau tertiup angin… wihhh… takut saya…

Hair loss on keto

Jadi atas side effect itu, kami memutuskan untuk menghentikan adventure kami ber Keto Ria… dan melanjutkan pesta pora makanan selama sisa perjalanan Cruise kami… wkwkwk. I think yang terakhir ini penyebab utamanya… bwakakakak…

Akan tetapi, keputusan itu bukan melulu hanya karena kedua hal itu sih. Yang membuat saya memutuskan meninggalkan Keto karena saya merasa lebih cocok dan meyakini effek positive dari Intermittent Fasting dan Prolonged Fasting yang saya jalankan juga pada saat itu.

Lagipula menjalankan Diet Keto kadang membuat kami pusing juga, karena komposisi carbo:protein:fat yang 5%:20%:75% agak sulit kami penuhi. Bagaimana mengukurnya?

Masa kemana2 harus bawa timbangan? Tambahan lagi, referensi menu yang banyak bertebaran di Internet kebanyakan tidak ada di Indonesia. Berikut beberapa contoh menu 2500 calories dengan komposisi Carb:Protein:Fat berbeda2:

Mabok gak tuh??? Saya merasakan agak rumit.

Tentu pengalaman kami menjalankan Diet Keto ini tidak bisa pembaca jadikan patokan bahwa pembaca juga pasti akan mengalami efek samping seperti yg kami alami. Karena dari yang saya baca, setiap orang mengalami side efek yang berbeda, bahkan ada yg tidak mengalami efek apa2. Jadi jangan menjadikan pengalaman kami ini sebagai patokan untuk tidak mencobanya. Silakan mencobanya sembari memonitor perubahan2 yang terjadi pada tubuh pembaca.

Hingga saat ini banyak sekali orang yang mengalami berbagai benefits setelah menjalani Diet Keto ini, dan semakin hari semakin banyak yang menjadikannya sebagai Lifestyle.

Saya sendiri merasa IF & PF mungkin lebih cocok bagi saya, itu saja…

So pembaca harus bijaksana mengambil keputusan, saya sekali lagi menyarankan pembaca untuk mengexplore semua informasi yg saya uraikan di tulisan saya ini. Begitu yaaa… Tosss… 😃.

Berikutnya mari kita ngobrol mengenai IF & PF yang saya jalani hingga saat ini…2.9 Miracles of Fasting: What is Intermittent & Prolonged Fasting?

Salam,

Guntur Gozali,

http://www.gunturgozali.com

Jakarta, Kebon Jeruk,

Minggu, 12 Juli 2020, 13:22

***000ooo000***

Dear Pembaca terkasih, 

Terima kasih telah bersedia membaca postingan saya di atas. Saya sangat berharap pembaca bersedia menuliskan komentar, komentar apapun juga, atau hanya  sekedar LIKE. Komentar pembaca penting buat saya untuk meningkatkan kwalitas tulisan saya, dan akan sangat menguatkan bagi pembaca2 lain. Mari kita saling berbagi agar semakin banyak teman2 lain yang bisa mengalami hidup sehat dan panjang umur…

***000ooo000***

4 thoughts on “2.8 Miracles of Fasting: Keto Diet Effects

  1. Aku ngakak loh om baca yg ini 🤣🤣
    Terlebih soal rambut rontok
    Hahahaha
    Aku ga pernah coba keto. Cos ribet!
    Tapi pas aku tracking calories. Aku makan carbs dikit bnget! Karena kan carbs hnya ku dapat dr buah n sayuran… itu aku bisa ga pup selama 3-4 hari loh 😐😐.. dr situ aku ubek2 lagi deh pola makanku.

    • Keto boleh dicoba, banyak yang merasakan benefitnya. Atau bisa juga Intermittent Keto, jadi bbrp bulan Keto, selanjutnya IF.
      Saya mungkin akan mencoba lagi, tetapi skr OMAD saja saya rasa cukup baik.

      • Masalahnya makanan yg di larang di keto aku suka dok.
        Terlebih buah2 an kaya apel, pepaya & pisang 😂😂( ini carbsnya kan lumayan 🤭 ) , roti gandum

        Kalau nasi & mie aku masih bisa carialternatifnya.
        Mie bisa aku ganti dengan shirataki 😁
        Nasi bisa dengan quinoa / sayuran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s