Please, Find My iPhone…

Find iPhoneSaya sedang berdiri di Lobby Barat Grand Indonesia, menunggu jemputan supir saya, ketika tiba2 saya tersadar :”Matiii…dimana iPad saya?”. Duhh… dimanaaaa…yaaaa… Perasaan panic tiba2 menjalar ke seluruh tubuh begitu menyadari iPad yang tadi saya tenteng-tenteng tidak ada ditangan.

Hmmm…dimana ya?

Kapan ya terakhir kali saya melihatnya?

Saya bergegas kembali ke jalur yang baru saya lewati tadi sembari otak saya mencoba mengingat-ingat dimana terakhir kali saya meletakkannya, kok cuma kantongan kresek untuk bekal makan malam yang saya bawa (…dasar nggragass, cuma makanan yg diingat :)….).

Saya benar2 memutar otak yang sudah terasa tumpul ini untuk mengingat kembali dimana saja saya berhenti dan meletakannya.

Saya ingat sebelumnya saya ada lunch meeting dengan teman saya, kemudian saya mampir ke Gramedia dan…terakhir saya ke…toilet. Ya saya ke toilet…tapi di lantai berapa ya…kok rasanya sama saja itu toilet🙂.

Ketika menuju lift saya baru ingat, saya tadi mampir ke toilet lantai 3A dekat Starbucks, dan sayapun segera bergegas kesana. Sesampai di toilet, seperti yang sudah saya perkirakan, saya tidak menemukannya. Persis seperti kekhawatiran saya sepanjang perjalanan dari lobby hingga toilet itu.

Duhhh…bagaimana data2nya, padahal banyak catatan2 yang saya simpan disana.

Saya cari2 cleaning service yang bertugas, saya tanyakan, tapi dia tidak menemukan atau merasa ada yang menemukan. Saya tanyakan ke atasannya juga sama.

Haiizz…apes bener…

Bagaimana ini…sembari memaki-maki diri karena kepikunan sendiri, saya kemudian duduk di Starbucks. Saya sedetik dua termenung, kemudian saya teringat sesuatu, mengeluarkan iPhone saya dan segera mencari aplikasi yang namanya Find iPhone. Yaa…bener, siapa tahu saya masih bisa melacaknya.

Segera saya click…dan tak lama kemudian saya lihat iPad Mini saya masih ada di gedung itu. Tapi dimana…

Saya pernah membuka aplikasi ini tapi belum pernah menggunakannya pada kondisi sebenarnya. Saya lihat ada Lost Mode. Saya pencet Lost Mode dan aplikasi menanyakan apakah saya akan menghidupkan Lost Mode seperti di bawah:

Find iPhone 2Berikutnya saya diminta memasukkan nomor hp yang bisa akan ditampilkan di iPad saya yang hilang agar saya bisa dihubungi oleh penemunya (tentu jika yang bersangkutan berbaik hati…:)):

Find iPhone 3

Selanjutnya kita bisa mengetikkan message yang akan tampil di layar iPad jika yang menemukan menghidupkan iPad kita. Sayapun bergegas mengetikkan kalimat yang sopan dan memelas agar penemunya bersedia mengembalikan.

Find iPhone 4

Setelah menekan Done, maka akan tampil layar seperti di bawah:

Find iPhone 5

Berikutnya…tinggal menunggu…

Saya menunggu dengan gelisah kok tidak ada telpun. Saya perkirakan ketika message saya sampai, mestinya ada bunyi yang menarik sipenemu untuk membuka cover iPad saya, dan membaca message yang saya kirimkan.

Saya tunggu…tidak ada…

Saya beberapa kali ingin menekan Erase iPad, karena saya khawatir dengan data yang ada di iPad saya, namun jika saya tekan, maka seluruh data saya akan terhapus dan saya tidak lagi bisa melacak keberadaan iPad saya.

Hmmm…gimana yah?

Saya coba sekali lagi mengirim pesan…

Tunggu lagiii…tidak ada juga telpun yang masuk, sementara iPad saya tidak bergerak dari posisinya.

Ketiga kali saya coba….tetap tidak ada…

Akhirnya saya pikir saya Play Sound saja…sembari saya berkiling sekitar situ, siapa tahu…ada yang memegangnya, dan saya bisa menemukannya.

Setelah saya menekan Play Sound, saya bergegas berjalan menuju daerah sekitar toilet. Tidak terdengar apa2, suara sekitar terlalu riuh untuk saya bisa mendengarnya.

Saya sudah hampir menyerah ketika tiba2 HP saya berbunyi. Saya lihat bukan nomor yang saya kenal, dan terdengar suara seorang pria mengatakan bahwa dia menemukan iPad saya…

Ohhh my….akhirnya …

Saya segera menemuinya, yang ternyata pegawai di salah satu toko didekat Starbucks itu. Saya mengambil iPad saya, memberikannya reward yang mudah2an lebih dari yang dia harapkan akan dia dapatkan hari itu, berterima kasih atas kejujurannya yang sudah jarang kita temukan dewasa ini.

Dan saya berlalu sembari mendekap erat2 iPad saya tercinta🙂.

Selagi berjalan saya hidupkan iPad saya dan saya membaca berita yang saya kirim sebelumnya:

Find iPhone 6Saya mencoba mengirim ulang Lost Mode tadi, ternyata ketika message diterima iPad, tidak ada sound notification di iPad, oleh karena itulah si penemu tidak tahu kalau saya mengirimkan message hingga 3 kali.

Saya sendiri pada saat awal, tidak ingin membunyikan sound karena saya tidak ingin yang bersangkutan panic, sehingga jika ybs tidak bermaksud baik, malah akan dia sembunyikan dan mengakibatkan saya tidak bisa mendeteksi keberadaan iPad itu.

Namun semuanya berakhir baik, saya lega iPad saya kembali, dan si penemu mestinya juga bisa menikmati reward yg saya berikan bersama orang yang dia sayangi malam ini, semoga…

Jika pembaca menggunakan iPhone atau iPad dan belum mengaktifkannya, segeralah hidupkan fasilitas Find iPhone sebelum kesialan menimpa pembaca di kemudian hari.

Sedangkan untuk Android, seingat saya (belum saya check), fitur ini ada ketika saya dulu menggunakan Samsung Galaxy Note 3, tapi baru saja saya cari di Galaxy Note Edge saya kok tidak ada ya. Kemungkinan fitur ini bukan fitur bawaan Android, tapi fitur tambahan Samsung…entahlah…mungkin ada pembaca yang bisa membantu.

Mudah2an pengalaman saya siang ini bermanfaat bagi pembaca semua.

Salam,

Guntur Gozali,

Jakarta, Kebon Jeruk,

Kamis, 29 Januari 2015, 21:30

http://www.gunturgozali.com

15 thoughts on “Please, Find My iPhone…

  1. waduh pak untung ajaa..🙂
    memang sayang kalo ipad nya hilang… tapi yg lebih sayang nya lagi data2nya… ( apalagi kalo belum kita back up… haisss..😦 )
    kalo orang Indo hilang barang d tempat2 umum… kemungkinan cuma 5% x yah.. yg berbaik hati buat kembaliin,… ( kecuali kalo d jepang…😀, sya pernah lihat acara tentang jepang2 gitu & dy ingin coba mengetes… dan orang tersebut sengaja meletakkan hpnya d tempat duduk d taman umum.. dan dy dari kejauhan memantauu… lalu d tunggu agak lamaan. tak ada yg mengambil. padahal banyak orang yg lalu lalang..😀 … kalo di Indo.. hmmm… banyak2 berdoa lahhh.. hahahaha🙂 )
    kalo d samsung juga ada pak. masuk ke samsung acc nya dulu…😀

    d tunggu pak, cerita2 inspirasi dari bapak lagi..😀 *awas pak jangan sampai d telantarkann blog nya… hehe
    btw, apakah bapak pernah mengadakan acara seperti bertemu dengan pembaca2 setia bapak ??

    • Iya betul, yang saya takutkan adalah data2nya, karena saya tidak disiplin didalam membackup data. Tetapi ya begini, baru sadar pentingnya backup data kalau sudah kejadian🙂.

      Saya juga pernah lihat acara itu, orang dipancing dengan uang dan handphone. Memang character orang Jepang luar biasa, bahkan pada saat kena tsunami saja mereka tidak melakukan penjarahan. Salut…

      Saya ini bingung, kalau nulis terus, yang protes film2 saya gak pernah ditengok, kalau nonton terus, pembaca yang protes wkwkwk…padahal gak bisa sambil nonton sembari nulis😉.

      Hmmm…temu dengan pembaca setia? Hmmm…apa ada ya pembaca setia saya… Kalau ada boleh juga ya…kita tukar pikiran…ayo Desy mau jadi promotornya kah…hehehehe….

      • Ia bru tersadarkan.. apalagi kalo mmc rusakk.. *maklum pengguna awam😀 meskipun ada aps untuk recovery data, tapi tetep aja saya minta tolong temen yg ngerti.. tapi ngga enak jga mintanyaa… *ada perlu ja bru nyarii…😀

        Tidak usah setiap hari pak, seminggu 2x oke lah.. hahahaha
        coba pak multitasking *nnti yg d tulis malah review filmnya lgi😀

        Saya yakin pasti ada lah pak😀 hehehe blog bapak kan jga sudah lumayan lama .. hehe
        palagi banyak banget cerita2 inspiratif yg d share🙂,
        oalah… hahaaha😀 nanti acaranya bisa2 ngga terlaksana nih pak.😛 haha

        • Oot itu apaan Victor?🙂

          Apple menurun? Saya tidak berani lagi memprediksinya, karena salah terus. Setelah ditinggalkan Steve Jobs beberapa tahun lalu, dan melihat inovasi Apple yang semakin kedodoran, saya pikir Apple akan ‘manurung…’ tapi saya salah. Dunia seperti terhipnotis dengan merk ini, bahkan beberapa waktu lalu, Apple kembali menjadi perusahaan dengan market capitalisation tersebesar di dunia…

          Jadi…perlu tanya ke rumput yang bergoyang🙂.

          Salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s