WARNING: Be Careful When You Post Photos To Social Media ! ! !

Social MediaApakah pembaca suka mempost foto makanan, foto diri, foto anak, foto keluarga, foto sandal, foto jempol, foto doggy dan segala macam foto ke internet, terutama Social Media seperti Foursquare, atau Twitter? Jika iya, saya rasa pembaca perlu melihat video dari NBC Action News di bawah.

NBC dalam acara Action News menunjukkan bahwa foto2 yang kita upload ke Social Media, selain tentu saja berisi image yang ditangkap oleh camera kita juga berisi informasi tersembunyi yang disebut metadata.

Apa sih metadata itu?

Metada adalah data mengenai data. Hmmm…pusing ya. Secara umum, metadata ini menjelaskan mengenai data yang dalam hal ini, foto/image, adalah penjelasan mengenai image yang ditangkap oleh camera. Informasi ini melekat di foto/image yang kita potret, yang diperlukan oleh aplikasi komputer untuk memproses foto/image dengan lebih baik.

Pada beberapa format image/foto, informasi yang disimpan cukup lengkap, misalnya informasi mengenai ISO, Aperture, Flash, Lens Type, aplikasi untuk memproses dan … ini yang sangat berbahaya GEOTAGGING.

Apa itu GeoTagging?

GeoTagging adalah proses memberikan atau menambahkan informasi berupa lokasi (koordinat Latitude – Garis Bujur and Longitude – Garis Lintang) pada suatu dokumen atau foto. Informasi ini bisa menunjukkan lokasi tepat dimana foto itu diambil. Perangkat smartphone seperti iPhone, Samsung, BlackBerry maupun iPad atau Galaxy Tab/Note, rata2 sudah memiliki kemampuan untuk secara automatic menambahkan informasi ini di foto yang kita ambil.

Camera2 canggih yang diproduksi belakangan ini juga sudah menambahkan GPS (Global Positioning System) yang bisa menentukan koordinat posisi kita berada secara akurat. Hanya saja pengguna camera jenis ini rata2 sudah paham kenapa dia membeli camera dengan fasilitas GPS. Sedangkan pengguna smartphone / tablet yang rata2 orang awam, banyak yang tidak menyadari hal ini, asal jepret dan langsung post ke social media.

Ketidak tahuan mengenai melekatnya informasi lokasi di foto ini bisa berakibat buruk, jika ada orang yang ingin berbuat jahat. Hanya dengan menggunakan aplikasi sederhana, mereka bisa mengetahui bermacam hal mengenai kehidupan kita:

– Dimana kita tinggal

– Siapa saja yang tinggal di rumah kita

– Dimana anak2 bersekolah

– Dimana anak2 les bahasa Inggris, Mandarin, Piano dan lain2

– Dimana kita kerja, dan kebiasaan kita makan siang / malam

– Kapan kita meninggalkan rumah dan sedang berada dimana

Karena semuanya selain dilengkapi koordinate posisi kita, juga dilengkapi dengan waktu kita mengambil foto dan mempostnya.

Langkah pencegahan:

Untuk mencegah jangan sampai aplikasi tertentu mengambil dan mengirimkan data mengenai lokasi kita berada, smartphone maupun tablet memungkinkan kita untuk mematikan service ini.

iOS (saya menggunakan iPad Mini):

Pada perangkat iPhone/iPad, coba click menu Settings, kemudian click sub menu: Privacy, maka akan ada pilihan Location Services. Jika kita click, maka akan tampil semua aplikasi yang membutuhkan lokasi dimana kita berada atau melakukan sesuatu. Jika pilihan Location Services dihidupkan, maka aplikasi2 itu bisa mengetahui dimana posisi kita pada waktu tertentu.

Sebagai contoh, jika opsi Camera kita ON kan Location Services nya, pada saat saat kita mengambil foto menggunakan iPhone/iPad, maka data lokasi kita yang berupa koordinat Latitude (garis bujur) dan Longitude (garis lintang) akan disimpan bersama dengan informasi lainnya di foto kita. Nanti suatu ketika, jika kita menggunakan aplikasi iPhoto untuk mengelola foto2 kita, kita bisa mengetahui foto2 kita diambil dimana saja dalam bentuk peta dunia.

BlackBerry System 10 (saya menggunakan Q10):

Pada BB10, pilih menu Settings, kemudian pilih sub menu Location Services, pada bagian More Info, ada pilihan untuk mematikan Location Services. Jika ini dimatikan, maka semua aplikasi yang memanfaatkan posisi kita berada tidak akan bisa mengambil data lokasi kita lagi, termasuk Maps.

Jika hanya ingin mematikan service in untuk aplikasi tertentu saja, click “Go to application permissions to set…..” maka akan muncul semua aplikasi yang memanfaatkan Location Services, click di aplikasi itu dan kemudian matikan pilihan: Location serta GPS Location.

Android (saya menggunakan: Samsung Galaxy Note 10.1)

Pilih menu Settings, kemudian pilih menu Location Services, kemudian matikan semua option User wireless networks dan Use GPS satellites. Namun hal ini akan mematikan semua services yang dibutuhkan oleh aplikasi lain yang memerlukan posisi kita.

Tidak seperti di iOS atau BB, untuk mematikan fasilitas GPS di aplikasi tertentu, kita harus langsung mematikan di aplikasi itu, misalnya Camera: hidupkan aplikasi Camera, pilih menu Settings di dalam aplikasi ini, kemudian pilih sub menu GPS Tag, pilih Off.

Itu adalah beberapa contoh mematikan Location Services pada beberapa jenis Mobile Operating System yang populer di masyarakat, model lain rasa rasa hampir sama caranya, tinggal cari di Setting sub menu Location Services dan matikan.

———————————

Semoga setelah melihat video clip di atas, kita bisa lebih waspada mempost foto2 ke social media, terutama foto anak2 kita.

Mohon bantuan untuk menyebarkan ke teman2, keluarga, saudara atau anak2 yang paling suka mempost foto2 kegiatan mereka.

Salam,

Guntur Gozali

Jakarta, 25 Agustus 2013, 22:10

http://www.gunturgozali.com

11 thoughts on “WARNING: Be Careful When You Post Photos To Social Media ! ! !

  1. Betul sekali yang anda katakan. Geotagging memang merupakan salah satu cara melacak seseorang, tapi bukan cuma itu saja. Ada banyak cara lain untuk melacak seseorang.

    Dulu saya pernah belajar soal beginian(sekarang udah lupa), sampai saya jadi parno. Soalnya fakta lebih menyeramkan dari fiksi. Intinya setiap informasi yang kita keluarkan, ada seseorang yang sanggup melacak, mempelajari kita berdasarkan informasi itu. Dan ada begitu banyak celah, baik yang tidak sengaja maupun sengaja diadakan. Pernah saya iseng melakukan “eksperimen”, bermodalkan google dan facebook saja, dalam waktu kurang dari 2 jam saja, saya dapat mempelajari banyak hal mengenai seseorang.

    Namun apakah gara-gara masalah keamanan kita menutup diri? Ini suatu pertanyaan yang tidah mudah dijawab, dan bersifat pribadi, tidak ada satu jawaban benar.

  2. bener juga yang dipost di atas. saya juga sekarang jadinya kurang2in ngepost foto atau status2 yang sekiranya mengundang… location di instagram juga sebaiknya dinonaktifkan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s