This is an iPhone 5…

Hal pertama yang saya lakukan ketika mata saya melek pagi ini adalah meraih MacBook Air saya dan segera mencari berita mengenai peluncuran iPhone5 yang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh pencinta gadget di seluruh jagat ini🙂.

Sebenarnya kemarin malam saya berniat menunggui peristiwa peluncuran iPhone5 ini, namun setengah jam sebelum dimulai, yakni pukul 10:30 pagi waktu setempat atau pukul 0:30 di Indonesia, saya tidak kuat menahan kantuk dan akhirnya tertidur hahahaha…

Oleh karena itu pagi ini rasa penasaran saya akan bentuk iPhone5 belum juga hilang, sehingga belum turun dari ranjang saya sudah browsing kesana kemari🙂. Ehhh…orang lagi bersemangat ngebrowse, pake ditingkahi acara gak bisa connect segala. Namun akhirnya saya dapat juga berita bahwa : iPhone 5 officially announced with 4-inch display, A6 CPU and LTE for $199 on September 21st.

Kemudian segera saya lihat bentuknya apakah mirip dengan rumor2 yang ada di berbagai techblog, dan tentunya apakah seperti bocorannya Jimmy Lin yang pernah saya post sebelumnya ? (baca: Is this the iPhone5?).

Coba lihat foto2 yg diambil oleh team engadget.com di bawah ini, mirip tidak?

Ternyata…menurut mata saya sama, persis. Kecuali Jimmy memegang tiruan iPhone5 yang baru diluncurkan kemarin, yang mana menurut saya tidak mungkin. Siapa yang mau membuat tiruan yang belum pasti diluncurkan oleh Apple. Jadi menurut saya iPhone yang dipost oleh Jimmy Lin asli, tinggal bagaimana cara dia memperolehnya, saya pikir itu tidak perlu kita bicarakan disini🙂.

Kembali ke iPhone5, saya segera mencari apa kehebatannya? Apa keunggulannya dibandingkan dengan iPhone 4s sehingga kita rela berdebar-debar menunggu mahkluk ini nongol kedunia?

Secara fisik tampak lebih jangkung beberapa cm seperti rumor sebelumnya, lebih tipis 18% (tebal 7.6mm) katanya smartphone paling tipis di dunia, lebih ringan 20% (112grams), layar layar 4” retina dislay (1136×640), menggunakan processor A6 (hingga kemarin malam masih ramai orang berspekulasi apakah akan diberi nama A6 atau A5x atau tetap menggunakan A5), menggunakan new port yang lebih kecil (ini juga tampak di foto yang diupload Jimmy Lin) sehingga membuat charger yg sudah kita miliki sebelumnya tidak bisa dipakai lagi, menggunakan nano SIM Card yang bentuknya lebih kecil dari Micro SIM Card dan memanfaatkan jaringan LTE yang downlink speednya bisa mencapai 100Mbps.

Berikut perbandingan: iPhone 5, iPhone 4S dan iPhone 4

Namun sayangnya selain improvement secara hardware di atas, saya kok tidak melihat adanya new features disisi aplikasi / utility seperti peningkatan di iPhoto, iMovies, atau mungkin Soro lanjutan Siri, atau S Note seperti di Samsung? Kok tidak ada perubahan yang WOW dan AHA…

Sebagai pengguna, saya merasa performance iPhone 4 yang saya gunakan sekarang sama sekali tidak bermasalah. Saya tidak butuh screen lebih besar kalau perbedaannya hanya sekitar 1 cm, kecuali sekalian sebesar Galaxy Notes. Saya juga tidak butuh processor yang lebih cepat. Saya bahkan belum butuh retina display karena secara kasat mata, foto di iPhone 4 tidak secara monyolok berbeda dengan di iPhone 4s yang sudah retina display, mungkin karena mata tua🙂.

Yang saya perlu adalah download speed yang lebih cepat yang dijanjikan oleh LTE, tapi di Indonesia belum tersedia koneksi LTE, so…apa dong yang membuat saya harus merogoh kocek untuk membeli iPhone 5 ini?

Hmm…belum ada dorongan kuat bagi saya untuk menjustifikasi keputusan saya membeli besutan terbaru Apple ini, kecuali nanti ada review yang bisa mengubah pendapat saya🙂. Atau siapa tahu tiba2 Apple mengirimkan satu unit ke saya untuk saya review…wakakakak… http://www.ngarep.com

26 thoughts on “This is an iPhone 5…

  1. Pada awalnya memang begitu fantastic dan menarik, dan … yach begitulah pak seperti yg sudah saya bicarakan, lama2x Apple user bakal boring karena disuguhkan hal yang sama dan itu terus berulang-ulang.

    Klo dari segi hardware memang meningkat, tp justru dalam segi “iOS” tidak significant.
    tp saya rasa hanya sekian percent aja yg boring mungkin, nyatanya salah satu dari rekan saya yang penggemar Apple post in facebook dengan antusias super happynya … dia bilang

    “Here we Go The iPhone 5”

    – 7.88mm, 4inch 326ppi Retina display
    – five rows of icons
    – iphoto imovie garageband = worked well
    – ultrafast wireless ( HSDPA+ and DC-HSDPA and of course LTE )

    • Den, bisa tolong panggilin Steve Jobs, dia cutinya kelamaan tuh wkwkwkwk…
      Saya yakin masih buanyak sekali orang2 yang akan membeli iPhone5 meskipun featuresnya tidak akan mereka pakai, yang penting kan nenteng iPhone5, meskipun nanti sesudah beli gak bisa ditancepin MicroSimCard alias gak bisa hidup🙂.

  2. Dengan penjelasan Oom GG mengenai tidak adanya features yg wah , saya kira objective iPhone 5 kali ini bukan diperuntukan bagi segement yg telah memiliki iPhone. Dengan harga yg lebih terjangkau sekarang ini mungkin ditujukan untuk merebut segment yg lebih luas lagi. Saya kira iPad pun akan juga lebih bersaing harganya.

    Mumpung Ggngsi Apple masih ada…
    Akan banyak pancingan bonus2 iPhone 5 sebagai marketing tool perusahaan2. Blackberry sudah boleh gulung tikar. Kalau perlu Apple beli RIM untuk switch BB users ke iPhone. RIM juga dah murah.

    USD 199 = Rp 1.8 jt.

    The price alone bisa bikin Smartphone lainnya segera masuk ICU.

    Eddy

    • Om Ed, harga itu adalah harga dengan kontrak 2 tahun dengan operator (Ini di website Apple: Requires new two-year wireless service contract; sold separately to qualified customers. Credit check required; must be 18 or older. bla bla bla…). Kalau hanya handset saja, belum tahu berapa harga nya, kudu nunggu 20 Sept nanti Om, sabar ya🙂

      • Barusan ane mau beli 1 kontainer… yah batal deh.
        Kontainer air minum.

        Wah , kalau Apple masih juga maen di premium price… Samsung, HTC dan lawan2 nya akan merajalela. Kalau technological differentiation nya dah tipis.. apa boleh buat.

  3. Nokia bakal sakit hati lho pak sama design “iPod Nano”-nya yang baru …
    Klo bapak liat “Nokia Lumia 800, 900 Family” sama “iPod Nano” barunya ..
    Their like identical base concept designs …
    siap2x di sue Nokia itu ..

    • Hi Denny….
      Nokia udah boke.
      Ngak punya ongkos buat sewa lawyer lagi.
      Harga saham nya udah mendarat di USD 2.14 dari USD 27, 5 years ago. Inilah phenomena nya # 1, terlena….

      Harapannya tinggal Windows 8, kalau ngak ngangkat.. bisa collapse. Ad Ins saja di kasih gratis saham Nokia juga dah ogah katanya. Kalau di kasih Hp nya sih masih mau.

      • Hi Anonymous …

        Klo masalah sue dan sewa lawyer dalam kondisi dunia hitam seperti ini.
        Money is doesn’t matters, bagaimana klo saya bilang …
        musuh-musuh Apple unite and kick Apple by using Nokia?
        yup .. tp saya tidak bisa ini sebagai pembenaran atau fakta .. karena hanya pendapat pribadi saja.

        Harapan Nokia bukan Windows 8 tp Windows Phone 8 dan itu katanya …

        • Saya tadi baru coba Windows 8 yang nanti katanya juga running di Smartphone dan Tablet. Kok mbingungi ya UI nya. Teman2 di kantor yang sudah upgrade ke Win 8, masih pake UI lama karena terasa aneh pakai UI baru. Sedangkan yang Win 8 di Tablet, saya malah lebih bingung lagi pakainya, icon2 aplikasinya berantakan :p.
          Mungkin blm terbiasa, tapi saya tidak impressive.
          GBU

  4. GG saya mau minta pendapat nya soal Blackberry….

    Bini make BB tentu karena komunitas group BB nya… sedangkan camera nya sucks…. BB nya juga hardware problem nya juga selalu ada. Saya mau belikan HP yg bagus camera nya, cuman karena beliau ada BB broup kominitas nya maka… ngak bisa lari dari BB hp ya.

    Kalau demikian hal nya, do you happen ti know if BB is gonig to release a new BB yg bagus?

    Thanks

    • Hahahaha…yg bagus? Jangan nunggu yg akan, yg ada di market saat ini aja🙂.
      Kalau mau nunggu, katanya nanti sekitar January. Kalau mau lihat prototypenya boleh mampir kantor Ed. Ada satu unit yg sdh kami dpt utk diuji coba.
      Tp mnrt sy, Onyx 3, plg Ok saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s