Selamat Jalan Stephen Covey…(2/2)

Posting ini khusus bagi adik2 yg tertarik membaca buku 7 Habits:

Membaca buku 7 Habits adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Susah dimengerti dan membuat kita gampang tertidur wkwkwkwk…. Ini adalah kenyataan. Saya sudah mengajarkan 7 Habits kepada ribuan orang karyawan sejak dari awal saya memiliki anak buah, sampai dengan detik ini. Semua yang saya sarankan membaca buku ini mengatakan bahwa buku 7 Habits adalah obat tidur yang paling mujarab🙂.

Namun jika adik2 tahu rahasia cara membacanya, niscaya pekerjaan membaca buku ini akan menjadi gampang-gampang susah, artinya gampang dimengerti tapi susah dilaksanakan🙂.

Untuk menjelaskan tips membaca buku 7 Habits, perhatikan diagram berikut dan kemudian baca step by step di samping/bawahnya:

Berikut adalah beberapa tips untuk membaca buku 7 Habits:

  1. Jangan shock melihat ketebalan bukunya.
  2. Secara garis besar yang akan kalian pelajari hanyalah belajar 3 level kemandirian (dari dependence ke independence dan kemudian ke interdependence) ditambah satu Habit Sharpen The Saw. Hanya ini saja kok, gampang kan?
  3. Nah jika adik2 sudah tidak panik dengan tebalnya buku dan kompleksnya penjelasan di buku, sekarang mulailah belajar untuk melangkah dari kondisi Dependence (tergantung) menjadi Independence (Mandiri). Untuk bisa mandiri, menurut Covey hanya perlu 3 Habits, gampang kan? Ketiga Habits itu adalah:
    1. Be Proactive
    2. Begin with the end in mind
    3. Put first things first
  4. Jika adik2 sudah mengerti ketiga Habits di atas, maka adik2 sudah dinyatakan Private Victory (Kemenangan Pribadi) dan menjadi pribadi yang Independence. So easy🙂. Kalau belum mengerti bagaimana caranya menjadi pribadi yang Independence, maka ulangilah point 3 di atas.
  5. Jika sudah mengerti, maka lanjutkanlah ke langkah Interdependence. Dari pribadi Independence ke Interdependence juga hanya perlu tiga Habits, yaitu:
    1. Thin Win Win
    2. Seek First to understand…to be understood
    3. Synergies
  6. Jika adik2 kembali bisa mengerti ketiga habits di atas, maka adik2 dinyatakan Public Victory (Kemenangan Publik) dan menjadi pribadi yang Interdependence (pribadi mandiri yang saling bergantung).
  7. Jika adik2 sudah mengerti bagaimana menjadi pribadi dari Dependence – Independence – Interdependence maka bisa dikatakan tuntaslah sudah pelajaran Stephen Covey. Tinggal satu habits lagi yang menurut saya sangat mudah dimengerti tapi butuh disiplin dan passion yg tinggi untuk melaksanakannya, yaitu: Habit ke 7, Sharpen the Saw
  8. Kira2 demikian tips singkat untuk membaca buku sakti dari Stephen Covey, semoga bermanfaat.

Selamat membaca dan menjadi pribadi baru yg Highly Effective.

*) Diagram di atas diambil dr buku The 7 Habits of Highly Effective People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s