1.9 Miracles of Walking: Happy Hormones…

Pada postingan saya terakhir (1.8 Miracles of Walking: Olga menurunkan kadar gula darah, cholesterol dll?), saya menyinggung mengenai perubahan semangat yang saya alami, yang tadinya malas gerak menjadi “bedigasan” atau “pecicilan”. Apa ya terjemahannya :)? Saya percaya pembaca ngerti lah maksud saya :).

Nah ternyata berdasarkan research, ketika kita berolahraga, otak kita memproduksi Endorphins. Endorphins adalah salah satu type neurotransmitter atau bahan kimia yang membantu meringankan rasa sakit dan stress. Endorphins hanya salah satu dari apa yang disebut kelompok Happy Chemicals atau Happy Hormone, seperti dopamine, serotonin dan oxytocin.

The mental benefits of aerobic exercise have a neurochemical basis. Exercise reduces levels of the body’s stress hormones, such as adrenaline and cortisol. It also stimulates the production of endorphins, chemicals in the brain that are the body’s natural painkillers and mood elevators. Endorphins are responsible for the “runner’s high” and for the feelings of relaxation and optimism that accompany many hard workouts — or, at least, the hot shower after your exercise is over.

Exercising to Relax – Harvard Medical School

Happy Hormones

Exercise and BrainHasil scanning yang dilakukan pada otak orang dalam kondisi setelah dia duduk diam selama 20 menit dan setelah berjalan kaki selama 20 menit menunjukkan hal itu:

Exercise Scan

Manfaat terakhir ini, baru saya ketahui belakangan juga. Itu yang menjawab kenapa kok saya merasa menjadi lebih energic, tidak lagi angot2an kalau diajak melakukan kegiatan2 yang tadinya tidak saya suka.

It’s amazing…!!!

Penutup

Pertama-tama saya ingin mengucapkan selamat kepada pembaca yang telah sanggup menyelesaikan membaca tulisan panjang saya ini hingga bagian penutup. Semoga apa yang saya share di atas bisa bermanfaat bagi pembaca atau bagi orang2 yang pembaca cintai.

Itulah semua Miracles yang saya peroleh dari berjalan pagi.

Tuhan sebenarnya sudah memberikan segala jawaban atas penyakit2 kita, berolahraga teratur, menjaga makanan (bagian kedua tulisan saya) serta dengan tidur teratur dan cukup (bagian ketiga tulisan saya).

Hingga disini maka bagian pertama saya sudahi, saya mohon maaf jika ada kata2 atau pernyataan2 yang kurang berkenan bagi pembaca, namun tujuan saya menghabiskan waktu berhari2 untuk menuliskan pengalaman saya ini adalah agar kesembuhan yang telah saya alami, boleh pembaca alami juga. Aminnn..

Masih ada 2 koleksi penyakit saya yang belum hilang, yakni Berat Badan yang tidak turun2 dan juga kadar Gula Darah serta Cholesterol yang juga tidak mereda. Dua topik ini bukan hanya konsumsi para manula, atau orang dewas, namun akhir2 ini juga menjadi masalah serius bagi remaja dan anak2.

Saya sangat menyarakan pembaca untuk membaca hingga tuntas uraian saya pada bagian kedua postingan saya berikut… 2.0 Miracles of Fasting: Introduction

Salam,

Guntur Gozali,

http://www.gunturgozali.com

Jakarta, Kebon Jeruk,

Selasa, 7 Juli 2020, 18:00

***000ooo000***

Dear Pembaca terkasih, 

Terima kasih telah bersedia membaca postingan saya di atas. Saya sangat berharap pembaca bersedia menuliskan komentar, komentar apapun juga, atau hanya  sekedar LIKE. Komentar pembaca penting buat saya untuk meningkatkan kwalitas tulisan saya, dan akan sangat menguatkan bagi pembaca2 lain. Mari kita saling berbagi agar semakin banyak teman2 lain yang bisa mengalami hidup sehat dan panjang umur…

***000ooo000***

4 thoughts on “1.9 Miracles of Walking: Happy Hormones…

  1. ( aku ngerasain banget om pas 1-2 bulan aku rajin olahraga seenggaknya 5x dalam seminggu! Baca buku lebih fokus, bangun pagi juga teratur, mood lebih ok ( karena endorphin itu! ), ouw ya untuk cewe juga tamu bulanannya jadi teratur loh, aku sebelumnya ga pernah teratur di tgl itu aja, pasti agak telat. Semenjak olahraga jadi konsist di tgl itu, muka juga jadi jarang jerawatan ( ouw ya dibarengi pola makan juga yah 😂😂 ).
    Tapi emang banyak banget benefit dari olahraga!

    ( sekarang aku lagi stop olahraga dulu karena suatu hal & lagi mau urus2 pindahan. Pas sudah pindah aku mau mulai lagi rutinitas yg sebelumnya sudah ku jalani 💪🏻 )

    Semoga sehat selalu Om! Thank you untuk tulisan2 nya yg seperti reminder & juga selalu buat ketawa! Hahaha
    Ditunggu next chapternya 😊😊

  2. He is my awesome friend and my IF ( Intermintent Fasting) Coach. Tulisan yg lebih dari sekedar inspirasi ini, muatan “true story” nya gilaak banget dan saya adalah “korban POSITIF” , setelah di coach lamgsung oleh beliau .

    Empat bulan lalu bertemu beliau dalam acara reuni sekolah kita (SMA) , dengan kondisi BB sy 85 Kg & bermandikan juga dgn langganan keluhan ditubuh , badan mudah lelah , dan terutama kolestrol , trigliseride & asam urat bertahun2 tak kunjung reda .

    Singkat cerita sejak 4 bulan lalu sy menjalani program coaching dgn beliau , alhasil traa laa laaa, BB hingga sy menulis comment ini , loss 13 Kg , tubuh FIT pake banget , penyakit lenyap , dan tidak gampang lagi merasa kalap jika melihat makanan hahahaha..

    BTW ajaibnya program coaching beliau tidak pakai obat2an , herbal atau persyaratan yg sulit , smuanya hy butuh disiplin untuk merubah MINDSET yg selama ini keliru besar ( red. Mindset saya ).

    BIG Thanks my awesome Coach .. U r really an angel in my new life . BRAVO

    • Hohoho… ini dia yg saya tunggu2 🙂

      Thanks my beloved friend, Marga DQ. Terima kasih atas komentarnya yang luar biasa. Sungguh komentar yang sangat2 menguatkan.

      Salut atas apa yang sudah dikau capai, gak menyangka bisa loss 13 kg. Hebat :). Apalagi kita berdua sama2 pencinta kuliner… wkwkwk…

      Semoga your new LifeStyle membuatmu semakin sehat, lincah dan penuh kebahagian. Dan semoga berkat ini juga boleh menjadi berkat bagi orang lain… Aminnn…

      Thanks again for a very strong and also nice comment…

      Jia you… !!! 😃

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s