Alien terjepret kamera di Jawa Tengah

Kemarin malam, sekitar pukul 19:00, BlackBerry Messenger Group saya bertuing-tuing ria tanda adanya message yang baru masuk. Setelah saya buka, ternyata ada yang ngepost foto di BBM Group.

Segera saya buka dan saya tersenyum kecut melihat foto yang dipost, ternyata foto Alien di depan persawahan. Saya pikir ahhh ada yang iseng2 ngepost foto2 gak guna, tapi setelah saya baca judul dan pengirimnya, saya menjadi terkejut.

Camera 360

Pengirimnya adalah teman saya, yang juga merupakan ibu dari teman anak saya, dengan judul berita:”Foto asli tanpa rekayasa, di take oleh adik sendiri”. Hmmm … saya jadi tertarik dan segera memperhatikan fotonya, cukup jelas juga tampang si Alien yang serupa seperti yang sering saya lihat di film2. Si Alien tampak berpose di depan pohon dengan latar belakang area persawahan.

Saya segera menjadi penasaran karena saya yakin teman saya ini bukan type orang yang suka iseng, yang mau main2. Saya tanyakan apa betul itu difoto oleh adiknya sendiri? Beliau membenarkan dan menceritakan bahwa ketika adiknya sedang berlibur ke Jawa Tengah akhir tahun lau, di perjalanan menuju Cilacap sempat berhenti di pinggir jalan menikmati pemandangan persawahan yang memang sudah tidak kita temui lagi di Jakarta.

Ketika sedang beristirahat sambil menikmati pemandangan itu, adik beliau mengambil dua foto menggunakan Samsung Galaxy Note, satu seperti di atas, satu lagi seperti di bawah. Pada foto yang di atas, tampak jelas si ET sedang berpose di depan pohon, sedangkan pada foto di bawah, tampak seperti sedang menanam padi.

Camera 360Saya yang tadinya lagi leyeh-leyeh di sofa karena kecapekan beberes foto2 perjalanan saya ke Komodo, langsung duduk tegak. Saya interogasilah teman saya ini, karena secara feeling kok tidak make sense, tapi saya percaya sekali dengan teman saya ini. Gak mungkin beliau buang2 waktu untuk ngerjain yang lainnya.

Adik beliau ketika mengambil foto itu tidak melihat apapun selain pemandangan persawahan di depan mata. Si doi Alien baru muncul setelah foto diambil. Sehingga adik teman saya selama perjalanan tidak berani cerita2 ke siapapun, mungkin takut mengganggu suasana liburan. Hingga setelah kemudian sampai di Jakarta, adik teman saya berani menceritakannya.

Segera setelah teman saya ini mempost kedua foto di atas, seorang teman saya yang lain mempost kejadian serupa, tapi kali ini foto diambil di pantai Kuta, Bali, menggunakan Samsung Galaxy juga, ketika New Year Eve kemarin. Foto diambil oleh keponakan dari teman saya ini dengan background kembang api di pantai Kuta.

Foto ini dikirim oleh teman. Suasana malam hariSaya perhatikan sosoknya persis sama dengan kedua foto pertama. Hmmm…saya benar2 penasaran. Saya pelototi foto si ET sampai saya mual melihat matanya yang belok itu, tapi saya tidak tahu jawabnya, hingga saya post ke group teman SMA saya. Mereka malah mentertawakan saya dikira saya iseng. Ya sutralahh…memang saya sudah menyadari resiko akan ditertawaan, karena kalau saya sendiri dikirimi teman2 foto seperti itu pasti saya tertawakan, kecuali yang mengirim foto itu saya yakini bukan orang2 yang suka iseng.

Selagi saya bingung, tiba2 saya teringat dengan seorang teman SMA saya yang memang sangat tertarik dengan hal2 seperti ini. Beliau, Nur Agustinus, adalah pemerhati benda extra terrestrial seperti ini. Yesss…akhirnya saya menemukan setitik harapan untuk bertanya.

Maka saya chat beliau, yang untungnya langsung dibalas. Setelah saya jelaskan beliau langsung mengatakan itu effect foto, tapi dia sendiri belum yakin apakah effect dari sononya atau effect dari third party software.

Saya kemudian menanyakan ke teman saya yang mempost foto pertama kali itu, apakah adiknya ada mendonlot aplikasi foto tambahan yang bisa menambahkan benda2 atau memberikan effect2 tambahan, karena sebelumnya saya memang agak curiga kok seperti ada overlaying object di atas foto itu. Menurut teman saya, adiknya tidak menambahkan apa2.

Hmmm….jadi apa dong? Teman saya Nur Agustinus mengatakan itu adalah aplikasi Android, dan kalau di Samsung sudah menjadi default effect.

Kok aneh pikir saya, ngapain pula Samsung iseng2 begitu menambahkan effect tanpa sepengetahuan usernya?? Selain membuat resah, juga merusak foto yang akan kita ambil? Rasanya tidak mungkin Samsung seiseng itu bukan? Jadi apa dong?

Sampai dengan pagi tadi saya masih penasaran. Saya coba tanya ke beberapa staff saya di kantor yang suka fotografi, mereka tidak pernah dengar kasus seperti yang saya tunjukkan. Beberapa dari mereka hanya haaa hiii haaa hiii kengerian melihat foto itu.

Sembari menyelesaikan pekerjaan di kantor, saya masih juga bertanya kesana kemari mengenai fenomena ini, namun rata2 teman saya tidak pernah mendengar kasus HP Samsung yang bisa menangkap atau menambahkan Alien seperti ini.

Selagi saya masih penasaran, dan membrowse Kompas.com, ehhh ada berita di front page berjudul “Benda Mirip UFO Berada di dekat Merapi” (hingga saat mempost tulisan ini masih ada). Nahhh… kok nyambung. Jangan2 ini pesawat yang digunakan oleh Alien2 itu ya??

Hmmm…asem bener, penasaran benar saya.

Eh selagi saya bekerja dengan hati penuh dengan tanda tanya, teman saya Nur Agustinus memberitahu saya bahwa dia sudah menemukan aplikasi pembuat onar itu, namanya Camera360 yang bisa di download di Google Play.

Sayapun buru2 mencarinya dan kemudian mencobanya di Galaxy Note saya. Saya cari2 effect yang dimaksud, dan saya coba, gak muncul, coba lagi gak muncul juga. Saya utak atik, sampai akhirnya sayapun bisa memunculkan si unyil itu berikut UFO yang diberitakan di Kompas.com itu.

Huahahahahahahahaha…asemmmm kecuutttttt…

Ini lah si Unyil Alien lagi berpose di taman di kantor saya:

Camera 360 Camera 360 Camera 360

Dan inilah UFO yang sama dengan yang diberitakan di Kompas.com hari ini (perhatikan di tembok putih di bawah kaca jendela):

Camera 360

Setelah mengabarkan apa yang saya temukan ke group teman2 saya yang juga mulai deg2an dengan adanya foto itu, kami jadi tertawa-tawa. Saya dari tadi hingga saat ini juga masih gak bisa menahan tawa atas kegilaan ini.

Kok ada orang yang begitu iseng membuat aplikasi seperti itu sih. Saya yakin adik teman saya itu tidak paham kalau di HPnya sudah diinstall aplakasi Camera360, mungkin oleh anaknya, atau ketika membeli HP Samsung itu oleh tokonya diinstalkan sebagai tambahan service, namun dia tidak mengetahuinya.

Coba bayangkan jika pembaca, awam dengan teknologi, kemudian membeli Samsung S3, atau dibelikan suami/istri, yang sudah terinstall aplikasi edan ini. Kemudian tanpa sengaja jeprat-jepret pada kondisi effectnya ON, kemudian memperoleh foto Alien seperti di atas, bagaimana kira2 reaksi pembaca? Coba deh share apa yang kira2 pembaca lakukan🙂.

Lha wong Kompas.com yang sudah terkenal itu saja sampai menempatkan berita ini di front page, dan bahkan hingga saat ini belum dicopot. Coba bandingkan UFO yang di depan Merapi dengan UFO di kantor saya, sama gak kira2🙂.

Kompas UFO

Hehehehehe….aya aya azaaaa….

21 thoughts on “Alien terjepret kamera di Jawa Tengah

  1. huahahhahaaa…….ngakaaakkkk……
    saya sih pas liat poto pertama si alien udah tau, lha wong saya udah instal dan udah coba2, hihihihi 😛

    • Hahahaha…kalau inget2 pagi tadi saya masih geli aja wkwkwkwk…. Kok ya sempet2nya percaya🙂.
      Kamu curang Tan, udah tahu tapi gak bilang2🙂.
      Tapi coba deh bayangkan kalau kamu tidak tahu adanya effect itu, terus jeprat sana sini, apalagi tanpa melihat hasil, sampe rumah kamu lihat ada Alliennya, apa gak meloncat🙂.

      Dasar asem yang bikin software itu🙂

    • Hahahaha…agent edan kalau saya sih, Ellen hahahaha..:). Tapi kalau kemarin sampai gak solve misterinya, mungkin sampe malem masih penasaran juga karena sy percaya benar dengan yang ngepost foto itu🙂.
      Dengan demikian saya jadi percaya diri untuk melamar ke FBI hehehehe….

  2. hahaha, ampir aja percaya ada alien. ternyata cuma iseng2 belaka. Met taun baru Pak Guntur.
    btw, sedikit ralat, harusnya ALIEN (satu huruf L), instead of ALLIEN (2 huruf L).🙂

  3. waaduh,.. saya baru tahu nih pak.. 🙂 pas baca kompas.com juga rada2 mikir kok bisa2 nya kompas taro berita seperti itu..😀

    wah tapi keren juga nih aksi cek and ricek nya pak Guntur..😀 tapi memang yang bikin aplikasi itu iseng luar biasa… tapi kayaknya yang bikin aplikasi orang luar negri ya pak..😀 kalo orang indonesia mungkin yang muncul beraneka ragam setan khas indo kali yak…😀 hahahahahaha…

    • Hahahaha…tiap kali saya inget2 ini saya masih geli sendiri. Saya benar2 percaya, karena yang mengambil foto ini adik teman saya, yang juga ibu2. Yang saya yakin tidak iseng2 mau ngerjain orang.
      Kalau hal ini terjadi pada saya, misalnya saya tidak tahu kalau ada effect ini, kemudian saya lihat ada si Tole nongol di foto saya, wahh…mungkin saya kirim ke NASA juga🙂.
      Kalau yang bikin org Indo, yang muncul suster ngesot🙂
      Yah anggap aja hiburan awal tahun🙂

  4. Alien….?
    Ada atau pun gx da itu trgantng keyakinan kita.
    Lok menurut pribadi, alien itu emang ada tp cuma skedar crita yg blum tau kebenaranya.
    Pertumbuhan alien itu karna kemajuan tecnologi yg sangat amat tinggi, berdasarkan prekdisian suku maya yg tdk jelas keberadaanya, bhwa piring terbng atau yg d sbut Ufo itu akn mampir kebumi sekitar pertengahan abat mendatang.

    Sekilas dri saya wassalamualaykum wr,wb….?

  5. kayaknya mirip poto editan pencahayaan obyek dgn gambar sekitar ga seirama…mungkin bagi kami sebagai desain grafis poto ky gt bkin ngakak..maap

  6. Keberadaan Alien ini memang kan selalu menjadi kontroversi.
    Ada banyak fakta yg mendukung, namun karena tak ada bukti fisik…..
    Namun banyak juga yg berdasar rekayasa/hoax.
    Namun tentu lah akan berbeda jika kita menyaksikan sendiri dgn panca indera kita secara langsung. Walau sulit rasa nya bagi org lain tuk meyakini apa yg telah kita saksikan.
    Sy sendiri pernah menyaksikan secara langsung UFO dgn ketinggian rendah sekali. Bersama kakak saya di daerah pamanukan, tahun 1996

  7. hahaha,itu dari photo awal sudah kelihatan editan.karena si alien lebih terang dari sekelilingnya.padahal ndak kena sinar matahari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s