Yeeeyyy, iPad Mini launched…

Tepuk tangan panjang berkumandang di California Theatre in San Jose, California, ketika Philip W. Schiller, Senior Vice President of Worldwide Marketing di Apple Inc, mengumumkan peluncuran iPad Mini kemarin siang waktu USA atau dini hari tadi di Indonesia.

Meskipun pada acara keynote speaker kali ini Apple tidak hanya sekedar meluncurkan iPad Mini, namun rasanya hampir semua pengunjung dan juga penggemar produk Apple di seluruh jagat raya ini lebih banyak menunggu pengumuman Apple mengenai iPad Mini ini daripada produk Apple lainnya.

Seperti biasanya, keynote dibuka oleh CEO Apple, Tim Cook, dengan mengupdate perkembangan terakhir Apple dengan informasi mengenai Apple Store, serta data2 statistik performance Apple yang membuat investor atau pemegang saham Apple tidur nyenyak sambil senyam senyum, namun sebaliknya membuat kompetitornya mendelik iri dan tidur berkeringat dingin🙂.

Coba simak informasi2 yang mencengangkan berikut ini, siapa yang tidak terpesona dengan Apple jika dicekoki data seperti dibawah ini:

–       Penjualan iPhone 5 menembus lebih dari 5 juta unit pada pekan pertama setelah peluncurannya,

–       Penjualan iPod Touch juga tidak kalah hebatnya,  lebih dari 3 juta unit,

–       Pertumbuhan pengguna iOS 6 yang hanya dalam 1 bulan mencapai 200 juta perangkat Apple, dikatakan oleh Tim Cook merupakan ‘the fastest upgrade rate in history’ (penonton bertepuk tangan meriah ketika Tim Cook mengucapkan hal in, kecuali saya kali :)),

–       300 milliar iMessage terkirim atau 28 ribu iMessage per detik (plok plokkk penonton bertepuk tangan meriah, sedang saya meneriakkan… buuuuu karena iMessage masih jauh daripada sempurna, bahkan boleh dikata fitur2nya amat sangat cupu),

–       70 juta foto shared,

–       Tersedia 275 ribu iPad apps,

–       Telah di download lebih 35 milliar apps selama ini,

–       Sejumlah 6.500.000.000 dollar telah dibayarkan para developers,

–       Telah tersedia 1.5 juta judul buku,

–       Telah didownload lebih dari 400 juta buku,

–       Mac merupakan desktop dan notebook nomor 1 di US,

–       Telah terjual lebih dari 100 juta iPad hanya dalam 2.5 tahun

–       Dlsb dlsb

Fiuhhh….luar biasa kan?. Saya rasa hanya katak dalam tempurung saja yang tidak mau mengakui performance luar biasa Apple ini. Semua data2 yang dipaparkan oleh Tim Cook memang data2 yang fenomenal.

Setelah Tim memaparkan data2 itu, tiba giliran Schiller mengumumkan peluncuran si sexy MacBook Pro 13” yang telah dilengkapi dengan retina display yang resolusinya 2560 x 1600. Notebook ini memang terlihat sangat cool, terutama karena ketebalannya yang 20% lebih tipis dan hampir 0.5 kg lebih ringan, display yang sangat tinggi resolusinya hampir 2x lebih tinggi daripada HDTv, dan berderet port yang sangat lengkap. Mantaff…

Berikutnya Schiller memperkenalkan upgrade Mac Mini dengan beberapa peningkatan dari segi spesifikasi teknis, namun saya tidak terlalu tertarik dengan benda ini. Yang membuat saya ngiler justru New iMac yang tongkrongannya benar2 sexy, benar2 super cool, dengan bagian sisi tertipisnya hanya 5mm. Luar biasa cantik menurut saya, sangat elegant kalau nongkrong di meja kerja kita.

Salah satu teknologi yang menarik adalah teknologi Fusion Drive, yang merupakan kombinasi antara flash storage dengan HDD. Dengan menggunakan flash storage, maka kita bisa meletakkan aplikasi2 yang sering kita pakai di flash storage yang aksesnya jauh lebih cepat daripada HDD, sehingga meningkatkan performance hampir 3.5 x lipat. Ciamik…

Setengah tahun setelah peluncuran new ipad, Apple juga mengupgrade iPad menjadi iPad 4th Generation dengan processor A6X Chip yang memiliki performance dan grafik 2x lebih bagus daripada chip A5x. iPad 4th Generation juga telah dilengkapi dengan LTE, battery yang lebih irit, wifi yang 2x lebih cepat, lighting connection, dan yang paling penting dengan harga yang sama dengan new iPad.

Terakhir, seperti sudah dinanti-nantikan oleh semua orang, akhirnya Schiller mengumumkan iPad Mini yang ternyata tidak lebih daripada miniature iPad 2 dalam ukuran 7.9”. Tidak ada fitur2 yang mencengangkan seperti Galaxy yang WOW dan AHA seperti ketika saya melihat video clip Galaxy Notes 10.1. Perbedaan dengan iPad 2 selain ukuran yang lebih kecil hanya tambahan LTE, WiFi yang lebih cepat, dan resolusi kamera yang lebih tinggi. Tidak ada fitur2 mencengangkan lainnya.

Yang menjengkelkan saya, meskipun sudah saya duga sebelumnya, displaynya belum menggunakan Retina Display. Ini memang kelakuan lama Apple, selalu meluncurkan produk baru dengan teknologi di-incrit2. Tunggu bentar lagi, kan keluar iPad Mini 2 dengan Retina Displaynya, dan orang2 akan berbondong-bondong lagi mengantri …. Dasar mbencekno …

Namun meskipun demikian, saya berani bertaruh, seperti halnya produk Apple yang lain, orang akan berlomba-lomba memperebutkan iPad yang sudah lama diperbincangkan ini. iPad Mini saya rasa akan menggempur ceruk pasar pembaca e-book yang sekarang dikuasai oleh Amazon Kindle, dan juga pangsa sekolah dasar atau taman kanak2 yang sensitive dengan budget IT, selain tentunya professional2 yang semakin malas membawa gadget gede2.

iPad 4th Generation dan iPad Mini akan segera diluncurkan di 34 negara kecuali Negara kita tercinta ini hiksss… Kenapa kok selalu terlambat ya? Boro2 iPad Mini, iPhone 5 aja belum jelas kapan diluncurkan di Indonesia, sementara di Singapore sudah tersebar di mana2. Sedih rasanya melihat status Negara kita ini, bahkan kalau mau setting time saja, seringkali saya tidak menemukan kota Jakarta di combo boxnya, terpaksa memilih kota Bangkok. Bahkan ketika membuat account outlook.com, saya tidak menemukan Negara Indonesia, sementara negara2 antah berantah lainnya ada. Menyedihkan.

Yang menarik dari keynote kali ini adalah komparasi head to head dengan apa yang disebut Schiller Android tablet, yang sepertinya adalah Samsung Galaxy Tab 7.0. Saya kok tidak ingat sejak kapan Apple melakukan head to head komparasi dengan produk competitor di keynote speaker ya? Atau terlewatkan?

So apakah saya akan membelinya? Terus terang seperti halnya iPhone 5, tidak ada alasan kuat bagi saya untuk membelinya, selain kegatalan tangan untuk mencobanya saja. Jika saja ada yang bersedia meminjamkannya ke saya, saya paling2 akan menggunakannya selama beberapa jam untuk saya kembali, kalau ingat wkwkwkwk…Tapi masih ada 2 hari untuk mikir2  sebelum dibuka pre-order pada hari Jumat, tgl 26 Oktober nanti🙂. Atau siapa tahu ada sponsor dari pembaca🙂. Ngarep.com….hahahaha….

10 thoughts on “Yeeeyyy, iPad Mini launched…

  1. Setuju banget dengan pendapat Pak Guntur. Saya pribadi ngiler dengan new iMac yg benar2 ramping. This is the Best Design of yesterday event. Semalam saya live streaming, karena baru kali ini apple membuka channel live streaming melalui apple tv, mac, atau ios. Begitu muncul new iMac, mata jadi langsung segar, hehe.

    Saya hanya ingin menambahkan sedikit, Apple sudah beberapa kali membandingkan ipad dengan competitor. Pada saat iPad 2 muncul, Steve Job pernah membandingkan pricing dengan Motorola Xoom dan pada saat New iPad, processor iPad dibandingkan dengan Processor Tegra 3, yg akhirnya membuat nVidia mencak2. Tetapi yg tetap menarik, memang Apple tidak cuma bluffing soal perbandingan kecepatan olah grafis dengan Tegra 3. Dari beberapa aplikasi benchmarking, memang menunjukkan demikian in specific benchmark.

    • Wahhh sampai belain melekan ya Bud, benar2 Apple fanboy dikau wkwkwk…

      Menurut saya, dari seluruh produk yang diluncurkan Apple kemarin, saya paling tertarik dengan iMac ini, benar2 elegant tampilannya.

      Tq for updating the info mengenai komparasi yg dilakukan Apple, mungkin saya jadi perhatian karena Apple memang tertinggal untuk urusan tablet mini ini.

  2. Mau tanya nih…iphone 5 pak Lte for connection to the opreator ya…. sedangkan di Indo bukannya masih jurus 3G? Jadi belum bisa dipake dong……

    Terus …hebat nya Retina display itu apa? Sampe membuat kesal GG.

    • LTE belum hadir di Indo, Om Eddy. Tapi biasanya backward compatible, jadi tetap bisa dipakai tapi tidak maximum. Dari informasi yang saya peroleh dari beberapa teman di operator, frekwensi yang digunakan LTE saat ini ditempati oleh channel TV. Entah apakah LTE Indo akan pakai high frek yang jangkauannya rendah, atau nunggu perpindahan semua channel TV ke digital beberapa tahun lagi, sehingga slot frekwensinya bisa digunakan oleh LTE.

      Saya kesal bukan karena kehebatan Retina Display yang resolusinya 1.5 kali HDTV itu, wong mata saya juga gak bisa bedakan🙂. Tapi karena Apple sukanya begitu, tidak mau put the best tech di produk terakhir dia, karena mereka tahu bisa mendikte market. Kan mulai dari new iPad dan iPad 4th G, juga McBook Pro sudah pakai Retina Display, selayaknya iPad Mini yang paling bontot ya pakailah Retina Display juga. Tapi di incrit2, sampe next iPad Mini 2, baru dikeluarin.

      Kalau Samsung kan semua latest technology dicemplungin ke latest gadget yang mereka buat.

      Tapi ya suka2 Apple toh ya wkwkwkwk…. kok ngamuk2 hahahahahaha…

    • Kalau saat ini Galaxy Notes 2 or S III vs iPhone 5, saya masih milih GN 2 or S III sih.
      Let’s see iPhone 6🙂, tp jangan ditunggu lho, bakal gak pernah ganti HP deh kalau nunggu melulu🙂

  3. Wah saya masih menunggu liputan khusus pak Guntur buat Ipad Mini. :p (kayak liputan galaxy tabnya itu lho)
    mesti nunggu >26 ya pak.. hehehe

    mau komentarin pernyataan pak Guntur yang ini,
    “Tapi karena Apple sukanya begitu, tidak mau put the best tech di produk terakhir dia, karena mereka tahu bisa mendikte market.”

    saya setuju kelakuan apple yang ini memang sangat2 bikin sebel..
    membuat sifat konsumerisme kita lebih tinggi.. :p kalo dibilang apple sukses memancing konsumen mereka dengan berfokus kepada apa yang konsumen gak punya.. padahal displaynya antara yg retina ato yang sekarang juga sangat amat sangat sulit dibedakan oleh mata saya…😛

    p.s
    wah mungkin nanti pak Guntur bisa bawain KS megenai gadget2 ini nih.. :p

  4. mereka pernah kompare dengan kompetitor ketika terjadi Antena Gate.. Steve juga melakukan komparasi serupa ini.. Beberapa keynote juga ada, tapi tidak sevulgar yang kali ini.. but yang kemarin itu komparasi yang excellent menurut saya.. luar bisa marketing mereka…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s