I Go Blog (1/2)

Ya emang go blog, bener2 go blog, karena setelah sekian tahun saya mengenal internet bahkan sebelum sebagian besar warga Indonesia mengenalnya, saya sudah lama menyadari kedahsyatan virtual world ini. Namun dunia blogging, belum pernah saya coba hingga tulisan ini saya post, kan go blog tuh namanya🙂.

Tahun 1994, ketika saya masih bekerja sebagai professional di salah satu anak perusahaan Astra, saya berkesempatan mengikuti Internet Expo di New York City, USA. Saya terbengong-bengong mendengar presentasi dari berbagai perusahaan dan ahli-ahli di dunia Teknologi Informasi yang semuanya mengatakan bahwa masa depan dunia ada di dunia virtual. Bahkan masih sangat jelas di kepala saya pernyataan salah satu presenter yang mengatakan demikian: “Jika ada yang mengatakan bahwa internet adalah masa depan dunia, maka dia berbohong, dia menipu Anda. Internet bukan masa depan, Internet sudah ada sekarang ini, detik ini. Jadi mulailah memanfaatkannya, mengambil manfaatnya”. Itu tahun 1994.

Sekembali dari NYC, saya kemudian mencoba melakukan research, mencoba, menggali dan menantikan kedatangannya di Indonesia. Namun hingga tahun 1998 ketika Indonesia dilanda krisis, boro2 menikmatinya, malah infrastruktur telekomunikasi jadi semakin tidak jelas karena krisis itu. Padahal pada tahun 1996, saya membaca di koran The Straits Times, Singapore, pemerintah Singapore sudah membuat grand plan untuk menjadikan negara yang sekecil red dot menurut Pak Habibie ini, sebagai top 5 E-Commerce Gateway dunia.

Tahun 2000 ketika saya bersama dengan partner saya mulai membangun bisnis sendiri di bidang IT, saya secara nekat telah menetapkan visi perusahaan kami bahwa kami hanya akan mengerjakan project2 yang berbasiskan Web/Internet. Berkali-kali presentasi kami ketika itu dianggap aneh atau dicemooh karena belum semua memahami keuntungan atau benefit web/internet based solutions. Namun kini, setiap kali kami memaparkan solusi kami, prospek client kami selalu menanyakan apakah solusi kami berbasis web/internet🙂, terbalik 180 derajat.

Nah, dengan kedekatan saya dengan virtual world ini, dunia blogging satu ini belum pernah saya sentuh sama sekali. Berkali-kali saya register ke beberapa penyedia jasa blog gratisan, namun selalu pula tidak berlanjut hingga beberapa hari lalu saya berbincang dengan salah satu manager saya, yang kemudian membuat saya menetapkan bahwa saya harus mulai nge-blog.

Kenapa???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s